Analisis Literasi Matematis Siswa MTsN Pada Konten Geometri Ditinjau Dari Level Berpikir Van Hiele

Fitri Ramdhani Kusnadi, 170205033 (2023) Analisis Literasi Matematis Siswa MTsN Pada Konten Geometri Ditinjau Dari Level Berpikir Van Hiele. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang literasi matematis konten geometri] Text (Membahas tentang literasi matematis konten geometri)
Fitri Ramdhani Kusnadi, 170205033, FTK, PMA, 085321481424-2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

PISA 2018 (OECD 2019) menyatakan literasi matematika Indonesia berada pada peringkat yang rendah. Berdasarkan penelitian sebelumnya, geometri masih menjadi yang paling menantang dibandingkan dengan bidang matematika yang lain. Geometri memiliki keunikan tersendiri, sehingga Van Hiele membuat teori berpikir berdasarkan level kemampuan geometri. Oleh sebab itu diperlukan pemahaman mendalam mengenai literasi matematis siswa yang dilihat berdasarkan level berpikir Van Hiele. Tujuan peneliti ini untuk mengetahui literasi matematis siswa pada konten geometri berdasarkan tingkatan level berpikir Van Hiele di MTsN. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Data dikumpulkan dengan lembar soal serta dilengkapi dengan wawancara, dilanjutkan dengan tahap triangulasi dengan cara yang sama. Selanjutnya data tersebut dianalisis berdasarkan level berpikir Van Hiele. Hasil penelitian yang ditemukan bahwa subjek pada level 1 memenuhi ketiga indikator literasi matematis dengan baik, terlihat subjek dapat merumuskan dan menerapkan strateginya dalam menyelesaikan serta mengevaluasi dan menafsirkan kembali hasilnya. Subjek pada level 0 baik pada tahap merumuskan dan menerapkan hanya saja kurang pada tahap mengevaluasi karena jawaban siswa masih belum tepat. Sedangkan siswa pada tahap level pra-0 terlihat mampu dalam tahap merumuskan hanya saja belum bias menuliskannya, pada tahap menerapkan siswa belum bisa melengkapi solusi dengan benar, kemudian masih kurang pada tahap mengevaluasi dan menafsirkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika) > 516 Geometri
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika) > 516 Geometri > 516.2 Geometri Euklides
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Fitri Ramdhani Kusnadi Fitri
Date Deposited: 02 Oct 2023 03:28
Last Modified: 02 Oct 2023 03:28
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33116

Actions (login required)

View Item
View Item