Penerapan Metode Snowball Drilling Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Dalam Belajar Bahasa Arab

Miranda, 190202191 (2023) Penerapan Metode Snowball Drilling Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Dalam Belajar Bahasa Arab. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Metode Snowball Drilling Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Dalam Belajar Bahasa Arab] Text (Penerapan Metode Snowball Drilling Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Dalam Belajar Bahasa Arab)
Miranda, 190202191, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

SMAN Unggul Darussalam Labuhanhaji merupakan salah satu satuan pendidikan pada jenjang SMA/MA yang terletak labuhanhaji Aceh Selatan. Ketika observasi awal, peneliti menemukan banyak siswa yang tidak suka belajar bahasa Arab, bosan dan cenderung tidak mendengarkan ketika guru mengajar bahasa Arab di kelas, hal ini disebabkan oleh metode yang digunakan guru kurang efektif dan efesien, dan guru sering sekali menggunakan metode ceramah ketika mengajar di dalam kelas. Oleh sebab itu, peneliti menggunakan metode Snowball Drilling untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar bahasa Arab. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode Snowball Drilling untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar bahasa Arab. Metode penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan instrument penelitian berupa angket, dan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMAN Unggul Darussalam Labuhanhaji, sedangkan sampel penelitian ini yaitu kelas XI IPA 1 yang berjumlah 31 siswa. Skripsi ini menggunakan Teknik analisis data uji linearity menggunakan program SPSS 26. Hasil penelitian setelah menerapkan metode Snowball Drilling adalah 65,03 dan skor total 2016. Hal ini menunjukkan bahwa motivasi siswa sangat diapresiasi. Dengan demikian, Penerapan metode Snowball Drilling berpengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar bahasa Arab siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Miranda Miranda
Date Deposited: 02 Oct 2023 03:30
Last Modified: 02 Oct 2023 03:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33126

Actions (login required)

View Item
View Item