Penerapan Metode scrabble untuk meningkatkan kemanpuan siswa (penelitian eksperimen di auladil muslimin aceh tenggara)

Arahmah, 180202018 (2023) Penerapan Metode scrabble untuk meningkatkan kemanpuan siswa (penelitian eksperimen di auladil muslimin aceh tenggara). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of SAKILA, 180202018, 2023, PBA.pdf] Text
SAKILA, 180202018, 2023, PBA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Dari pengamatan peneliti dalam proses pembelajaran bahasa Arab yang menjadi permasalahan adalah hasil belajar siswa kelas I A di pesantren Tarbiyah Auladil Muslimin masih belum memenuhi syarat minimal (KKM) hal tersebut karena guru tidak menerapkan media yang menyenangkan, sehingga siswa merasa bosan saat pembelajaran sharaf. Penulisan ini bertujuan untuk mengidentifikasi keefektifan penggunaan Scrabble dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dan mengidentifikasi aktivitas guru dan siswa ketika menggunakan media tersebut. Metode penelitian adalah metode eksperimen. Adapun dari hasil penelitian yang diperoleh, bahwa penggunaan Scrabble efektif untuk meningkatkan prestasi belajar sharaf di pesantren Tarbiyah Auladil muslimin yang dibuktikan dengan hasil uji Paired Sample T-Tes. , yang diperoleh tingkat signifikansi Asymp. Sig. 2-tailed)) 0,000 yang lebih kecil dari hasil taraf signifikansi 0,05, menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) dapat diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Selanjutnya, adapun kegiatan guru dan siswa saat menggunakan Scrabble memperoleh hasil yang baik dan berpengaruh terhadap peningkatan prestasi siswa dalam pembelajaran sharaf. Hal ini berdasarkan hasil observasi guru yang memperoleh 90% dan hasil observasi siswa 90%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 207 Misi dan Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Arahmah Sakila
Date Deposited: 02 Oct 2023 03:42
Last Modified: 02 Oct 2023 03:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33134

Actions (login required)

View Item
View Item