Potret Ibu Rumah Tangga Sebagai Buruh Batu Bata Merah Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga Di Gampong Cot Paya Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar

Muhammad Nazir Basyir, 180405019 (2023) Potret Ibu Rumah Tangga Sebagai Buruh Batu Bata Merah Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga Di Gampong Cot Paya Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Potret Ibu Rumah Tangga Sebagai Buruh Batu Bata Merah Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga Di Gampong Cot Paya Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar] Text (Potret Ibu Rumah Tangga Sebagai Buruh Batu Bata Merah Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga Di Gampong Cot Paya Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar)
Muhammad Nazir Basyir, 180405019, FDK, KESOS, 082248305042.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Salah satu peran yang paling dominan dalam keluarga adalah seorang perempuan. Pada saat ini perempuan tidak hanya berperan sebagai ibu rumah tangga yang mengurus pekerjaan rumah tetapi banyak ibu rumah tangga yang bekerja untuk membantu perekonomian keluarga. Hal ini dilakukan demi terpenuhinya segala kebutuhan keluarga dan dengan terpenuhinya kebutuhan itu barulah dikatakan sebagai keluarga sejahtera. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran kehidupan sosial ekonomi ibu rumah tangga sebagai buruh batu bata, tingkat kesejahteraan keluarga ibu rumah tangga buruh batu bata merah dan fungsi atau peran ibu rumah tangga buruh batu bata merah sebagai ibu bagi anaknya, istri bagi suaminya dan sebagai buruh dalam pekerjaannya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. untuk mengetahui atau menggambarkan keadaan kehidupan sosial ekonomi ibu rumah tangga buruh batu bata di Gampong Cot Paya. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kehidupan ibu rumah tangga sebagai buruh batu bata tergolong sejahtera. Apabila dilihat dari kondisi sosial maka kondisinya baik dengan tidak melalaikan perannya sebagai masyarakat dengan mengikuti kegiatan masyarakat. Sedangkan dilihat dari kondisi ekonomi maka kondisinya meningkat setelah seorang istri ikut bekerja di industri batu bata dan fungsi dan Peran ibu rumah tangga dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga melalui pekerja batu bata di Gampong Cot Paya adalah dengan bekerja sebagai pekerja batu bata untuk membantu suami dalam mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari dan membantu meningkatkan pendapatan keluarga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Muhammad Nazir Basyir
Date Deposited: 03 Oct 2023 03:07
Last Modified: 03 Oct 2023 03:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33138

Actions (login required)

View Item
View Item