Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Arab Jawi Pada Materi Qawaid Nahwu

Ulfafari Sarah, 180202161 (2023) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Arab Jawi Pada Materi Qawaid Nahwu. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Arab Jawi Pada Materi Qawaid Nahwu] Text (Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Arab Jawi Pada Materi Qawaid Nahwu)
Ulfafari Farah, 180202161, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan kitab Al-Jarumiah dengan menggunakan Modul Pembelajaran berbasis Arab Jawi pada materi bab Fi’il untuk mengetahui kelayakan penggunaan modul berdasarkan penilaian para ahli dan untuk mengetahui hasil respon siswi dan guru terhadap pengembangan modul berbasis arab jawi. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti melakukan metode penelitian dengan menggunakan Research and Development / R&D dengan model ADDIE, yang terdiri dari lima rangkaian tahap pengembangan yaitu (ADDIE) Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Adapun dalam pengumpulan data peneliti menggunakan intrumen, lembar validasi dan angket. Data yang didapatkan dari 3 orang ahli untuk mendapatkan data kelayakan, 1 orang guru dan 10 orang siswi untuk melihat respon mereka terhadap modul pembelajaran yang telah dikembangkan. Adapun hasil penelitian ini adalah peneliiti berhasil menemukan produk baru yaitu sebuah modul pembelajaran yang dikembangkan dari kitab Al- jurumiah yang berjul “Modul Pembelajaran مادة الأفعال Berbasis Arab Jawi”. Pada penelitian ini peneliti melakukan validasi pengembangan yang terdiri dari tiga aspek yaitu aspek isi, desain dan bahasa. Berdasarkan hasil validasi para pakar produk ini sudah layak digunakan dan juga mendapatkan respon yang positif dari murid dan guru. Oleh karena itu pengembangan ini telah dilakukan dengan baik dan layak digunakan dalam proses belajar dan mengajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ulfafari Sarah
Date Deposited: 02 Oct 2023 03:43
Last Modified: 02 Oct 2023 03:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33145

Actions (login required)

View Item
View Item