"Ma‘Ānī Ḥurūfu Al-Jarri Fī Qaṣīdati "Fī Al-Mauti Mā A‘Yā Wa Fī Asbābihi" Li Aḥmad Syauqī (Dirāsatu Naḥwiyyatu)"

Permata Dewi Manik, 190502105 (2023) "Ma‘Ānī Ḥurūfu Al-Jarri Fī Qaṣīdati "Fī Al-Mauti Mā A‘Yā Wa Fī Asbābihi" Li Aḥmad Syauqī (Dirāsatu Naḥwiyyatu)". Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of "Ma‘Ānī Ḥurūfu Al-Jarri Fī Qaṣīdati "Fī Al-Mauti Mā A‘Yā Wa Fī Asbābihi" Li Aḥmad Syauqī (Dirāsatu Naḥwiyyatu)"] Text ("Ma‘Ānī Ḥurūfu Al-Jarri Fī Qaṣīdati "Fī Al-Mauti Mā A‘Yā Wa Fī Asbābihi" Li Aḥmad Syauqī (Dirāsatu Naḥwiyyatu)")
Permata Dewi Manik, 190502105, FAH, BSA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini"Ma‘ānī Ḥurūfu al-Jarri fī Qaṣīdati "fī al-Mauti mā A‘yā wa fī Asbābihi" li Aḥmad Syauqī (Dirāsatu Naḥwiyyatu)". Adapun permasalah pada penelitian ini adalah apa saja makna huruf jar (Alā, Bā’, Fī, Al-lām, al-Kāf, Min,’ilā, ‘An, Ḥattā) yang terdapat dalam Qaṣīdati "fī al-Mauti mā A‘yā wa fī Asbābihi" li Aḥmad Syauqī. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan macam-macam huruf-huruf jar dan maknanya di dalam Qaṣīdati "fī al-Mauti mā A‘yā wa fī Asbābihi" li Aḥmad Syauqī. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Adapun teori yang membantu penelitian ini yaitu teori Nahwu. Adapun kesimpulan yang Peneliti dapatkan adalah ada 77 huruf jar (Alā, Bā’, Fī, Al-lām, al-Kāf, Min,’ilā, ‘An, Ḥattā.) yang terdapat dalam qasidah "fī al-Mauti mā A‘yā wa fī Asbābihi", yaitu Huruf jar "Alā" ada 13 al-’Isti‘la’ada 10 huruf ,makna Fī, ada 1 huru, makna Ta‘līl wa as-Sababiyyah ada 1 huruf,makna Ma‘a ada 1 huruf. dan setelah itu huruf jar "Bā’" ada 28 huruf ada yang ber makna al-’Ilṣāq ada 12, as-Sababiyyah wa Ta‘līl ada 1 huruf,makna aẓ- Ẓarfiyyah ada 6 huruf makna al-Muṣāḥabah ada 8 huruf,makna huruf min ada 1.dan setelah itu huruf jar "Fī" ada 21 huruf dan dari pada itu ada yang bermakna as-Sababiyyah wa Ta‘līl ada 2 huruf,makna al-Muṣāḥabah ada 2 huruf dan makna aẓ- Ẓarfiyyah ada 17 huruf.dan setelah itu ada huruf Al-lām ada 7 huruf yaitu yang bermakna alghaya dan al-Milku.dan setelah itu ada huruf al-Kāf ada 5 huruf yang bermakna al-Kāf dan setelah itu ada huruf ’ilā yang berjumlah 2 dan bermakna al'intiha' yang berjumlah 2.dan ada pun huruf ‘An berjumlah 5 dan bermakna Min ada 2 dan al-Mujāwazah ada 1 huruf dan Alād ada 1 huruf.dan setelahitu ada huruf Min berjumlah 18 ada pun makna at-Tab‘īḍi ada 15 dan makna Ibtidāi al-gāyah ada 3. dan ada pun huruf , Ḥattā ada 2 yang bermakna al-gāyah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Permata Dewi Manik
Date Deposited: 03 Oct 2023 03:44
Last Modified: 03 Oct 2023 03:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33176

Actions (login required)

View Item
View Item