Self Regulated Learning Mahasiswa Pendidikan Fisika Pada Mata Kuliah Elektronika Dasar di UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Lidia Sartika Arani, 170204050 (2023) Self Regulated Learning Mahasiswa Pendidikan Fisika Pada Mata Kuliah Elektronika Dasar di UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Self Regulated Learning Mahasiswa Pendidikan Fisika] Text (Self Regulated Learning Mahasiswa Pendidikan Fisika)
Lidia Sartika Arani, 170204050, FTK, PFS, 082262774908.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Perlunya suatu usaha aktif dan mandiri dari mahasiswa untuk membantunya mengarahkan proses belajar pada tujuan yang ingin dicapainya. Dalam mengikuti perkuliahan elektronika dasar, mahasiswa kurang mempersiapkan diri baik dalam mempersiapkan materi yang akan dibahas maupun persiapan mengerjakan tugas di rumah, dengan adanya self regulated learning dapat memacu mahasiswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat belajar melalui self regulated learning pada mahasiswa pendidikan fisika pada mata kuliah elektronika dasar di UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif survei untuk memperoleh gambaran tentang tingkat self regulated learning pada mahasiswa pendidikan fisika semester genap. Populasi yang digunakan yaitu mahasiswa pendidikan fisika UIN Ar-Raniry Banda Aceh yang mengambil mata kuliah elektronika dasar sebanyak 30 mahasiswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah berdasarkan analisis data yang diperoleh dari penelitian berupa penyebaran angket yang dibagikan kepada 30 mahasiswa semester genap pendidikan fisika UIN Ar-Raniry Banda Aceh, diperoleh hasil yang menyatakan bahwa sebanyak 30 (100%) mahasiswa dalam kategori tinggi. Self regulated learning pada mahasiswa dalam kategori tinggi atau baik, sehingga memungkinkan mahasiswa memperoleh predikat akademik yang lebih baik, dikarenakan mahasiswa mampu untuk menyesuaikan waktu dalam belajar, mengerjakan tugas, dan juga dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 630 Agriculture and Related Technologies (Pertanian dan Teknologi yang Berkaitan)
600 Technology (Applied Sciences) > 670 Manufacturing (Pabrik-pabrik, Manufaktur)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Lidia Sartika Lidia
Date Deposited: 03 Oct 2023 03:42
Last Modified: 03 Oct 2023 03:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33198

Actions (login required)

View Item
View Item