Pengaruh Penerapan Media Wayang Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun di TK Nurul Fajri Aceh Selatan.

Rizki Maulida, 170210124 (2023) Pengaruh Penerapan Media Wayang Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun di TK Nurul Fajri Aceh Selatan. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Penerapan Media Wayang Terhadap Kemampuan  Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun di TK Nurul Fajri Aceh Selatan.] Text (Pengaruh Penerapan Media Wayang Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun di TK Nurul Fajri Aceh Selatan.)
Untitled.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB)

Abstract

Permasalahan dalam kemampuan berbicara di TK Nurul Fajri Aceh Selatan ditemukan bahwa anak-anak di TK A tersebut belum mampu mengutarakan pendapat dengan baik dan bisa dikatakan sangat kurang. Hal ini dapat dilihat dari proses belajar anak di dalam kelas saat berbicara, namun masih susah sekali mengungkapkan apa yang ingin ia ungkapkan di depan kelas maupun di depan guru. Oleh karena itu Peneliti menggunakan media wayang untuk mengembangkan kemampuan berbicara di kalangan anak-anak usia 4-5 tahun di TK Nurul Fajri Aceh Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media wayang dalam mengembangkan kemampuan berbicara pada anak di TK Nurul Fajri Aceh Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 12 orang anak di kelas A. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh media wayang terhadap kemampuan berbicara pada anak usia 4-5 tahun di TK Nurul Fajri Aceh Selatan, hal ini ditandai dengan adanya kenaikan nilai anak antara pre-test dan post-test, dimana nilai pre-test diperoleh sebesar 18,25 naik menjadi 21,25 pada post-test setelah 2 kali dilakukan perlakuan. Uji hopotesis juga menunjukkan bahwa nilai thitung>ttabel yaitu 4,93>1,81. Dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh media wayang terhadap kemampuan berbicara pada anak usia 4-5 tahun di TK Nurul Fajri Aceh Selatan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Rizki Maulida Rizki
Date Deposited: 06 Oct 2023 03:02
Last Modified: 06 Oct 2023 03:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33228

Actions (login required)

View Item
View Item