Implikasi Program Unggulan Boarding School terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan di SMAIT Al-Arabiyah Boarding School Aceh

Muazzin, 201003100 (2023) Implikasi Program Unggulan Boarding School terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan di SMAIT Al-Arabiyah Boarding School Aceh. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Implikasi Program Unggulan Boarding  School terhadap Peningkatan Mutu  Pendidikan di Smait  Al-Arabiyah Boarding School Aceh] Text (Implikasi Program Unggulan Boarding School terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan di Smait Al-Arabiyah Boarding School Aceh)
TESIS MUAZZIN fix.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan Islam merupakan faktor penting dalam kehidupan manusia yang berperan dalam mencapai kesuksesan dan keselamatan di dunia maupun akhirat. Di Indonesia, pendidikan Islam terbagi menjadi tiga bagian, yaitu pendidikan formal, informal, dan nonformal. Salah satu bentuk pendidikan formal yang mencirikan siswa tinggal di asrama sekolah adalah sekolah berasrama atau boarding school. SMAIT Al-Arabiyah Boarding School merupakan sekolah yang masih baru berjalan selama 4 tahun dan telah menghasilkan satu angkatan alumni pada tahun 2022. Meskipun demikian, sekolah ini memiliki nilai tambah yang menarik perhatian masyarakat sebagai sekolah dengan program unggulan persiapan dini untuk melanjutkan studi di Timur Tengah, seperti bahasa Arab, Tahfiz al-Quran, pembinaan karakter, serta kursus bahasa Arab dan Inggris. SMAIT Al-Arabiyah Boarding School masih memiliki kekurangan dalam hal fasilitas, sarana prasarana, dan tenaga pendidik yang belum tersertifikasi. Padahal, fasilitas yang memadai dan guru yang tersertifikasi sangat berpengaruh terhadap implikasi program unggulan dan mutu pendidikan di sekolah berasrama ini. Dengan keterbatasan yang dimiliki oleh SMAIT Al-Arabiyah apakah mempengaruhi program unggulan terhadap peningkatan mutu pendidikannya Oleh karena itu, pertanyaan penelitian dalam penelitian ini adalah bagaimana program unggulan yang diterapkan oleh SMAIT Al-Arabiyah Boarding School dan bagaimana implikasi program unggulan tersebut terhadap peningkatan mutu pendidikan di sekolah tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif naturalistik. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Waka Pengasuhan, Waka Sarana dan Prasarana dan alumni. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum, mutu pendidikan di SMAIT Al-Arabiyah Boarding School, jika dilihat dari output atau lulusannya, cukup berhasil. Namun, di sisi lain, masih diperlukan perbaikan terutama pada standar tenaga kependidikan dan sarana prasarana. Proses program unggulan yang dilakukan oleh sekolah ini terbukti cukup baik dalam meningkatkan mutu pendidikan, seperti yang terlihat dari hasil output lulusan yang mampu bersaing baik di dalam maupun luar negeri. Implikasi program unggulan tersebut antara lain kemampuan berbahasa Arab yang baik, kemampuan berinteraksi langsung dengan orang Arab, kemampuan membaca kitab-kitab gundul, kemampuan mengajarkan ilmu yang telah dipelajari, kemampuan menjadi imam dan khatib, kemampuan mengurus tajhiz janāiz, kemampuan menjadi seorang pemimpin, hafalan Al-Quran minimal 10 juz, dan implementasi akhlak Islami.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muazzin Muazzin
Date Deposited: 06 Oct 2023 03:32
Last Modified: 06 Oct 2023 03:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33256

Actions (login required)

View Item
View Item