Penerapan Koran Elektronik Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Terhadap Keterampilan Membaca (Studi Eksperimental Di MUQ Aceh Selatan)

Putri Salsabilla, 190202097 (2023) Penerapan Koran Elektronik Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Terhadap Keterampilan Membaca (Studi Eksperimental Di MUQ Aceh Selatan). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Koran Elektronik Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Terhadap Keterampilan Membaca (Studi Eksperimental Di MUQ Aceh Selatan)] Text (Penerapan Koran Elektronik Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Terhadap Keterampilan Membaca (Studi Eksperimental Di MUQ Aceh Selatan))
Putri Salsabilla, 190202097, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Berdasarkan wawancara pertama dengan seorang guru yang mengajar bahasa Arab di MUQ Aceh Selatan, peneliti memperoleh bahwa beberapa siswa memiliki keterampilan membaca yang rendah karena guru hanya menggunakan buku sekolah, yang membuat mereka malas dan kurang tertarik untuk belajar. bahasa Arab, dan membuat mereka sulit untuk memahami teks-teks bahasa Arab. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi keefektifan penerapan metode media koran elektronik untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa MUQ Aceh Selatan. Adapun metode penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan design (non equivalent control group design) yaitu metode yang menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan pre-test dan post-test. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA yang berjumlah 45 siswa, dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 yang berjumlah 30 siswa. Adapun hasil dari penelitian ini, penerapan media koran elektronik efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa, dibuktikan dengan pencapaian hasil T-test menggunakan (Independent Sample Test) pada Tabel 4-15. Hasil taraf signifikansi (sig) adalah 0,000. Hasil ini lebih kecil dari 0,05, dalam hal ini menunjukkan hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Putri Salsabilla
Date Deposited: 06 Oct 2023 03:59
Last Modified: 06 Oct 2023 03:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33292

Actions (login required)

View Item
View Item