Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Trigonometri Kelas X MA

Sarah Ayarah, 180205051 (2023) Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Trigonometri Kelas X MA. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Sarah Ayarah, 180205051, FTK, PMA, 082360204946.pdf] Text
Sarah Ayarah, 180205051, FTK, PMA, 082360204946.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematis kemampuan penting yang harus dimiliki siswa dikarenakan tujuan pembelajaran matematika mengharapkan siswa mampu memahami konsep matematika dengan baik. NCTM dan Kilpatrick menyebutkan bahwa siswa mampu memahami konsep matematika dengan baik adalah mampu menyatakan kembali konsep yang telah dipelajari, mengklasifikasi konsep, merepresentasi konsep ke dalam bentuk matematis, menggunakan konsep pada penyelesaian masalah secara algoritma, dan menghubungkan konsep (eksternal atau internal). Salah satu konten matematika yang saling berhubungan dengan konten lainnya merupakan trigonometri. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep siswa kelas X MAN 3 Plus Kota Banda Aceh pada materi trigonometri dan faktor penyebab rendahnya kemampuan pemahaman konsep pada siswa agar pembelajaran di sekolah dapat dipahami dengan baik. Jenis penelitian menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian terdiri dari 3 siswa masing-masing berkemampuan pemahaman konsep tinggi, sedang, dan rendah. Pengumpulan data menggunakan tes tulis uraian untuk mengidentifikasi tingkat kemampuan pemahaman konsep dan wawancara dengan siswa untuk mengetahui faktor penyebab rendahnya kemampuan pemahaman konsep pada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa MAN 3 Plus Kota Banda Aceh belum mampu memenuhi semua indikator kemampuan pemahaman konsep. Adapun indikator yang paling banyak dikuasai siswa adalah menyajikan konsep ke dalam bentuk matematis, sedangkan indikator yang paling sedikit dikuasai siswa adalah indikator menghubungkan konsep secara internal. Penyebab siswa kurang memahami konsep trigonometri dikarenakan (1) kesulitan menguasai konsep trigonometri, seperti nilai dari sudut istimewa, (2) lupa rumus dan keliru dalam perhitungan, (3) tidak teliti memahami masalah, (4) kurangnya penguatan pembelajaran lanjutan di luar sekolah atau pembelajaran yang tidak kontinu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Sarah Ayarah
Date Deposited: 09 Oct 2023 02:54
Last Modified: 09 Oct 2023 02:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33394

Actions (login required)

View Item
View Item