Insya’ Muajjah dalam Pembelajaran Maharah Kitabah (Dirasah Washfiyah Tahliliyah di Ma’had Baitusshalihin Ulee Kareeng Banda Aceh).

Hikmatun Nazila, 160202008 (2023) Insya’ Muajjah dalam Pembelajaran Maharah Kitabah (Dirasah Washfiyah Tahliliyah di Ma’had Baitusshalihin Ulee Kareeng Banda Aceh). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Insya’ Muajjah dalam Pembelajaran Maharah Kitabah (Dirasah Washfiyah Tahliliyah di Ma’had Baitusshalihin Ulee Kareeng Banda Aceh).] Text (Insya’ Muajjah dalam Pembelajaran Maharah Kitabah (Dirasah Washfiyah Tahliliyah di Ma’had Baitusshalihin Ulee Kareeng Banda Aceh).)
Hikmatun Nazilah, 160202008, FTK, PBA, 082260274445.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Judul pada penelitian ini adalah “Insya’ Muajjah dalam Pembelajaran Maharah Kitabah (Dirasah Washfiyah Tahliliyah) di Ma’had Baitusshalihin Ulee Kareeng Banda Aceh.” Peneliti memilih judul ini karena siswa di Ma’had Baitusshalihin Banda Aceh mengalami kesulitan dalam menyusun kata dan kalimat dalam menulis insya’ bahasa arab. Peneliti ingin mengetahui tentang proses pembelajaran insya’ di ma’had tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui proses pembelajaran dan permasalahan yang dihadapi oleh siswa. Adapun metode penelitian ini adalah deskriptif analisis, dimana peneliti melakukan observasi, wawancara, dan peninjauan dokumentasi untuk memperoleh data-data yang dibutuhkan. Adapun sampel dari penelitian ini adalah seluruh siswa dari kelas tiga berjumlah 9 orang dan peneliti mengambil sampel untuk wawancara yaitu 2 orang guru dan 4 orang siswa. hasil penelitian ini adalah proses pembelajaran insya’ adalah peneliti menemukan metode pembelajaran insya’ muajjah tidak sesuai dengan teori pembelajaran insya’ muajjah yang ada di buku panduan, dan proses pembelajaran insya’ muajjah di sekolah ini menggunakan metode karangan bebas bukan mengunakan metode insya’ muajjah yang pada hakikatnya. Dan adapun yang di hadapi oleh guru dan siswa pada pembelajaran insya’ muajjah yaitu sebagian siswa tidak mengetahui ma’na dari mufradat, dan siswa tidak membawa qamus ke sekolah, ada kala murid tidak memperhatikan penjelasan dari guru, dan yang terakhir yaitu tidak adanya media atau metode dari guru yang dapat memudahkan siswa dalam memahami pelajaran insya’.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Analisis pada proses pembelajaran insya’ muajjah
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Hikmatun Nazilah Nazilah
Date Deposited: 09 Oct 2023 03:05
Last Modified: 09 Oct 2023 03:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33403

Actions (login required)

View Item
View Item