Pengembangan Media Pembelajaran Melalui Sparkol Video Scribe Untuk Keterampilan Membaca

Intan Ayunisah, 024221229 (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Melalui Sparkol Video Scribe Untuk Keterampilan Membaca. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Media Pembelajaran melalui Sparkol Video Scribe untuk keterampilan membaca] Text (Pengembangan Media Pembelajaran melalui Sparkol Video Scribe untuk keterampilan membaca)
full Tesis intan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Judul penelitian ini adalah Pengembangan Media Pembelajaran melalui Sparkol Video Scribe untuk keterampilan membaca. Peneliti memilih judul ini karena melihat pentingnya pengembangan media pembelajaran dan kebutuhan untuk pengembangan Sparkol Video Scribe di sekolah MTsS Al Muslimun Aceh Utara terhadap keterampilan membaca. Dengan maksud untuk menguji media sparkol video scribe dan menghasilkan sesuatu yang bisa membantu siswa dan guru dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui betapa pentingnya pengembangan media pembelajaran dan untuk mengidentifikasi keefektifan media Sparkol Video scribe dan untuk mengidentifikasi penerapan media Sparkol Video Scribe dalam pembelajaran keterampilan membaca. Dalam penulisan tesis ini penulis menggunakan metode penelitian Research Development R&D. Peneliti menggunakan instrument penelitian dengan observasi langsung, wawancara, angket dan ujian. Adapun tehnik analisis data, peneliti menggunakan rumus T-test dari program SPSS. Dan hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah pengembangan media pembelajaran menggunakan sparkol video scribe berdasarkan penilaian pakar valid dan sangat baik dengan nilai 95, 3:. Adapun hasil tes menunjukkan bahwa penggunaan Sparkol Video Scribe efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa terhadap keterampilan membaca. Hal ini berdasarkan hasil nilai sig 2,22<2,23.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.4 Membaca
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.6 Bahasa (Ketrampilan Komunikasi)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Intan Ayunisah Intan
Date Deposited: 12 Oct 2023 04:18
Last Modified: 12 Oct 2023 04:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33499

Actions (login required)

View Item
View Item