Pengolahan Limbah Tahu Melalui Kolom Filtrasi Dengan Bahan Ampas Padi Dan Arang Ampas Padi

Agung Prananda, 160702006 Pengolahan Limbah Tahu Melalui Kolom Filtrasi Dengan Bahan Ampas Padi Dan Arang Ampas Padi. Pengolahan Limbah Tahu Melalui Kolom Filtrasi Dengan Bahan Ampas Padi Dan Arang Ampas Padi.

[thumbnail of Agung Prananda, 160702006, FST, TL.pdf] Text
Agung Prananda, 160702006, FST, TL.pdf

Download (4MB)

Abstract

Proses pengolahan tahu menghasilkan 2 limbah, yaitu cair dan padat limbah padat dimanfaatkan sebagai pakan ternak sapi, pembuangan limbah cair ke badan air tanpa pengolahan akan mengurangi daya dukung lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan parameter COD, BOD, TSS dan pH pada air limbah tahu, serta tingkat kemampuan bahan sekam padi dan arang sekam padi dalam mengolah limbah tahu dengan menggunakan dua perbandingan waktu tunggu yaitu 2 jam dan 4 jam dalam menurunkan kadar pencemar. adapun tempat pengambilan sampel dilakukan di Desa Lamsenong Kecamatan Kuta Baro. Hasil dari penelitian ini adalah sekam padi dan arang sekam padi berhasil menurunkan kadar pencemar dengan tingkat efektivitas yang berbeda-beda, pada parameter BOD mengalami peningkatan pada perlakuan awal tapi pada perlakuan selanjutnya mengalami penurunan, pada parameter COD juga mengalami penurunan tapi tidak memenuhi baku mutu bahkan sangat jauh dari baku mutu, sedangkan TSS berhasil menurunkan dan telah memenuhi baku mutu diantara semua pengujian hanya parameter TSS yang memiliki nilai efektivitas paling besar. Pengolahan sekam padi dan arang sekam padi dengan waktu tunggu 4 jam untuk parameter BOD, COD dan TSS lebih efektif dibandingkan dengan sekam padi waktu tunggu 2 jam.

Item Type: Article
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 620 Engineering and Allied Operations (Ilmu Teknik dan Ilmu yang Berkaitan)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Tehnik Lingkungan
Depositing User: Agung Prananda Agung
Date Deposited: 13 Oct 2023 09:09
Last Modified: 13 Oct 2023 09:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33505

Actions (login required)

View Item
View Item