Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery Learning (GDL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP/MTs

Winda Febrianti, 180205045 (2023) Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery Learning (GDL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP/MTs. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Model Pembelajaran Guided Discovery Learning, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis] Text (Model Pembelajaran Guided Discovery Learning, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis)
Winda Febrianti, 180205045, FTK, PMA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Pemahaman konsep matematis merupakan suatu aspek yang sangat penting dalam pembelajaran matematika. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa masih rendah, sehingga dibutuhkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman
konsep matematis adalah model pembelajaran Guided Discovery Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Guided Discovery Learning dan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian eksperimen yaitu Quasi Eksperimental Design. Pengambilan sampel dilakukan secara acak atau Simple Random Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 6 Aceh Besar. Pada penelitian ini sampelnya terdiri dari dua kelas yaitu VII-4 sebagai kelas eksperimen dan VII-2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan Pre-Test dan Post-Test. Setelah pengolahan data statistik uji-t pihak kanan, diperoleh bahwa t_(hitung )= 2,47 dan t_(tabel )= 1,71 maka t_(hitung ) > t_(tabel )= atau 2,47 > 1,71. Hal ini berarti bahwa tolak H0 dan terima H1 sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Guided Discovery Learning lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Winda Febrianti Winda
Date Deposited: 16 Oct 2023 02:53
Last Modified: 16 Oct 2023 02:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33517

Actions (login required)

View Item
View Item