Pembagian Harta Bersama Di Indonesia Dan Malaysia (Studi Perbandingan antara Kompilasi Hukum Islam dan Enakmen Undang-Undang Keluarga Islam Selangor)

Muhammad Khairi Bin Hassan, 150103004 (2020) Pembagian Harta Bersama Di Indonesia Dan Malaysia (Studi Perbandingan antara Kompilasi Hukum Islam dan Enakmen Undang-Undang Keluarga Islam Selangor). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Harta Bersama, Perkawinan Campuran] Text (Harta Bersama, Perkawinan Campuran)
Muhammad Khairi Bin Hasan, 150103004, FSH, PMH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Harta bersama merupakan harta yang diperoleh antara sepasang suami dan istri selama perkawinan. Adapun perkawinan beda kewarganegaraan atau sering disebut perkawinan campuran pada zaman sekarang banyak terjadi. Apabila perkawinan campuran berakhir dengan perceraian maka bermasalah dengan kepemilikan harta bersama. Skripsi ini ingin menjawab pertanyaan tentang apa dasar pertimbangan pembagian harta bersama dan bagaimana perlaksanaan pembagian harta bersama terhadap perkawinan campuran. Untuk menjawab pertanyaan tersebut penulis mengunakan metode dekskriptif comparative, di mana semua data yang terkumpul akan diolah dan dianalisa dengan cara membandingkan pendapat-pendapat yang ada di sekitar masalah yang dibahas. Hasil yang didapatkan adalah perbedaan pada sistem dan ketentuan pembagian harta bersama. Apabila terjadi perkawinan campuran masalah harta bersama dibagi sesuai dengan Kompilasi Hukum Islam yaitu seperdua bagian suami dan istri sedangkan dalam Enakmen Undang-Undang Keluarga Islam Selangor, harta dibagi sesuai dengan sumbangan yang diberikan setelah perkawinan. Akan tetapi, setelah dilakukan pembagian harta bersama, kepemilikan harta di Indonesia hanya dapat dimiliki oleh orang yang bukan warga negara selama satu tahun. Sedangkan di Malaysia sendiri, kepemilikan harta bersama terhadap orang yang bukan warga negara tidak mempunyai hak apapun dalam memiliki harta tersebut meskipun harta itu didapatkan dari pembagian harta bersama

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Perbandingan Mazhab
Depositing User: Muhammad Khairi Bin Hassan Khairi
Date Deposited: 20 Oct 2023 07:33
Last Modified: 20 Oct 2023 07:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33598

Actions (login required)

View Item
View Item