Implementasi Pembelajaran Aktif (Active Learning) Pada Mata Pelajaran PAI Di SMKN 1 Banda Aceh

Noval Maulana, 190201083 (2023) Implementasi Pembelajaran Aktif (Active Learning) Pada Mata Pelajaran PAI Di SMKN 1 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Implementasi Pembelajaran Aktif (Active Learning) Pada Mata Pelajaran PAI Di SMKN 1 Banda Aceh] Text (Implementasi Pembelajaran Aktif (Active Learning) Pada Mata Pelajaran PAI Di SMKN 1 Banda Aceh)
Noval Maulana, 190201083, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar siswa secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memilikikekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Pembelajaran aktif adalah suatu pembelajaran yang mengajak siswa untuk belajar secara aktif, artinya peserta didik diajak untuk turut serta dalam semua proses pembelajaran, tidak hanya mental akan tetapi juga melibatkan fisiknya, sehingga siswa merasakan suasana yang lebih menyenangkan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Bagaimana implementasi pembelajaran aktif pada mata pelajaran PAI di SMKN 1 Banda Aceh dan Apa saja hambatan yang dihadapi dalam implementasi pembelajaran aktif pada mata pelajaran PAI di SMKN 1 Banda Aceh. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang peneliti laksanakan tentang implementasi pembelajaran aktif pada mata pelajaran PAI di SMKN 1 Banda Aceh maka dapat disimpulkan sebagai berikut: Implementasi pembelajaran aktif dalam mata pelajaran PAI di SMKN 1 Banda Aceh secara keseluruhan belum terlaksana dengan baik. Hal ini dikarenakan guru PAI di SMKN 1 Banda Aceh masih kurang mengetahui berbagai metode-metode strategi pembelajaran aktif selain metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab. Hambatan yang dihadapi oleh guru dalam mengimplementasikan pembelajaran aktif adalah guru sendiri belum mengetahui beberapa jenis metode dalam strategi pembelajaran aktif. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi peneliti dengan guru di SMKN 1 Banda Aceh, guru menerapkan hanya beberapa metode seperti market place, ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan saja. Kurangnya media dan alat belajar yang memadai, seperti infocus tidak sepenuhnya berfungsi, buku paket, dan buku-buku agama di perpustakaan, terlebih sekarang sudah diterapkan kurikulum merdeka. Dari hasil observasi dan wawancara, guru juga mengaku bahwa buku guru dan buku siswa masih sangat terbatas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Noval Maulana
Date Deposited: 23 Oct 2023 02:31
Last Modified: 23 Oct 2023 02:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33606

Actions (login required)

View Item
View Item