Penggunaan Metode Diskusi dan Metode Tutor Sebaya dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menulis (Studi Perbandingan di Ma'had Al-Manar Aceh Besar)

Atika Farah Nabila, 190202001 (2023) Penggunaan Metode Diskusi dan Metode Tutor Sebaya dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menulis (Studi Perbandingan di Ma'had Al-Manar Aceh Besar). Diploma thesis, UIN Ar Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penggunaan Metode Diskusi dan Metode Tutor Sebaya dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menulis (Studi Perbandingan di Ma'had Al-Manar Aceh Besar)] Text (Penggunaan Metode Diskusi dan Metode Tutor Sebaya dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menulis (Studi Perbandingan di Ma'had Al-Manar Aceh Besar))
Penggunaan Metode Diskusi dan Metode Tutor Sebaya dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menulis (Studi Perbandingan di Ma'had Al-Manar Aceh Besar).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Setelah melakukan observasi, peneliti mendapati bahwasanya kebanyakan siswa masih tidak paham bagaimana cara menulis dengan bahasa Arab secara baik, mereka menggunakan gramatikal bahasa Indonesia dalam menulis bahasa Arab. Untuk menyelesaikan permasalahan ini, peneliti mencoba dua metode untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa, kedua metode itu adalah metode diskusi dan metode tutor sebaya. Penelitian ini dilaksanakan dengan pemberian pretes dan posttest. Populasi pada penelitian berjumlah 280 sedangkan sampelnya berjumlah 62 orang, dimana sampel adalah siswa kelas satu SMA. Setelah memberikan pretest dan posttest, peneliti akan menguji data tersebut dalam bentuk tes normalitas, tes homogenitas, dan T-Test menggunakan SPSS 21. Hasil yang didapat dari metode tutorial sebaya adalah 4,069, sedangkan untuk metode diskusi 4,498, yang berani hipotesis (Ha) diterima dan hipotesis (Ho) ditolak. Dari kedua hasil tersebut dapat dilihat bahwa metode diskusi memiliki nilai yang lebih tinggi dibanding metode tutor sebaya, sehigga dapat disimpulkan bahwa metode diskusi lebih efektif dalam pembelajaran kitabah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Atika Farah Nabila Atika
Date Deposited: 25 Oct 2023 02:16
Last Modified: 25 Oct 2023 02:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33643

Actions (login required)

View Item
View Item