Penerapan Media Kartu Bergambar Untuk Mengembangkan Kemampuan Siswa Untuk Memahami Isim Dhomir (Penelitian Eksperimen Di SMP Islam Cendekia El-Hakim Aceh Besar)

Ainayyah Alfatihah, 180202136 (2023) Penerapan Media Kartu Bergambar Untuk Mengembangkan Kemampuan Siswa Untuk Memahami Isim Dhomir (Penelitian Eksperimen Di SMP Islam Cendekia El-Hakim Aceh Besar). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Media Kartu Bergambar Untuk Mengembangkan Kemampuan Siswa Untuk Memahami Isim Dhomir (Penelitian Eksperimen Di SMP Islam Cendekia El-Hakim Aceh Besar)] Text (Penerapan Media Kartu Bergambar Untuk Mengembangkan Kemampuan Siswa Untuk Memahami Isim Dhomir (Penelitian Eksperimen Di SMP Islam Cendekia El-Hakim Aceh Besar))
Ainayyah Alfatihah, 180202136, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (42MB)

Abstract

Peneliti memilih judul ini karena masih banyak siswa yang belum memahami pelajaran Bahasa Arab khusunya pada pembelajaran Isim Dhomir dalam bentuk teks, dialog, cerita, ungkapan-ungkapan, terlebih lagi pada ayat qur’an. Masih banyak dari mereka yang tidak menyukai Bahasa arab karena (menurut pikiran mereka) masih sulit untuk dipelajari, sehingga membutuhkan media yang tepat untuk memecahkan masalah ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan media kartu bergambar dan untuk mengetahui efektivitas penggunaannya pada pembelajaran isim dhomir. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah peneltian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SMP Islam Cendekia Islam El-Hakim Aceh Besar dengan jumlah 141 murid dan sampelnya sebanyak 35 murid. Peneliti melakukan observasi serta mengajukan pretest dan posttest. Nilai test yang terdapat pada penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media kartu bergambar efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa pada pembelajaran isim dhomir. Peneliti mendapatkan hasil T-test lebih besar dari pada T-tabel, yaitu 2, 04 < 9,32 > 2,76

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ainayyah Alfatihah
Date Deposited: 27 Oct 2023 02:52
Last Modified: 27 Oct 2023 02:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33682

Actions (login required)

View Item
View Item