Pengembangan Media Komik Pembelajaran Matematika Berbasis Kearifan Lokal Pada Siswa SMP

Khairul Fuadi, 180205050 (2023) Pengembangan Media Komik Pembelajaran Matematika Berbasis Kearifan Lokal Pada Siswa SMP. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan Media Komik Pembelajaran Matematika Berbasis Kearifan Lokal Pada Siswa SMP] Text (Pengembangan Media Komik Pembelajaran Matematika Berbasis Kearifan Lokal Pada Siswa SMP)
Khairul Fuadi, 180205050, FTK, PMA, 082362249601.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengembangan media komik pembelajaran matematika berbasis kearifan lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji tingkat kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D) yaitu pengembangan media komik pembelajaran matematika berbasis kearifan lokal. Model pengembangan media pembelajaran ini dikembangkan berdasarkan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Ingin Jaya. Hasil dari pengembangan media komik pembelajaran matematika berbasis kearifan lokal berupa file pdf yang bisa dijadikan hardcopy, selain hardcopy juga tersedia dalam bentuk link dan QR Code yang bisa diakses dimana saja dengan cara mengakses melalui internet sehingga memudahkan siswa dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil validasi ahli materi dengan rata-rata 90% berada pada kategori sangat baik, hasil validasi ahli media dengan rata-rata persentase respon positif sebesar 90% berada pada kategori sangat baik, hasil validasi ahli bahasa dengan rata-rata 88,4% berada pada kategori sangat baik. dan hasil validasi ahli kearifan lokal dengan rata-rata 88% berada pada kategori sangat baik. Efektif karena media pembelajaran dinilai oleh siswa dengan respon positif dengan rata-rata persentase respon positif sebesar 88,6% serta respon guru dengan rata-rata respon sebesar 92% dikatakan efektif karena persentase respon siswa lebih dari 50%.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, Komik Pembelajaran
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Khairul Fuadi Fuadi
Date Deposited: 01 Nov 2023 02:34
Last Modified: 01 Nov 2023 02:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33700

Actions (login required)

View Item
View Item