Analisis Kesalahan Siswa SMP/MTs dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Tahapan Newman

Fitri Misda Yuli, 180205010 (2023) Analisis Kesalahan Siswa SMP/MTs dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Tahapan Newman. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Kesalahan Siswa SMP/MTs dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika] Text (Analisis Kesalahan Siswa SMP/MTs dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika)
Fitri Misda Yuli, 180205010, FTK, PMA, 082354931708.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Analisis kesalahan pada penelitian ini adalah menyelidiki dan mengupas macam-macam kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi SPLDV yang dilakukan berdasarkan tahapan Newman. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui 1) Kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan tahapan Newman, 2) Penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan tahapan Newman. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi hermeneutik. Pengumpulan data menggunkan tes dan wawancara, dengan subjek penelitian sebanyak 3 siswa kelas VIII-3 di MTsN 2 Aceh Besar yang dipilih berdasarkan banyaknya kesalahan yang dilakukan siswa. Setiap subjek penelitian diwawancarai terkait hasil pekerjaannya pada soal SPLDV. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa melakukan kesalahan pada tahap memahami masalah, transformasi masalah, keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir. Penyebab siswa melakukan kesalahan memahami masalah disebabkan siswa tidak dapat menentukan unsur yang diketahui dan ditanyakan soal. Kesalahan transformasi masalah siswa tidak terbiasa menuliskan permisalan dan membuat model matematika. Kesalahan keterampilan proses siswa keseringan keliru dan kurang teliti dalam operasi hitung pada soal. Kesalahan dalam penulisan jawaban akhir disebabkan karena kurangnya pemahaman di awal maka tidak dapat menuliskan kesimpulan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika) > 515 Analisis
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika) > 519 Probabilitas dan Matematika terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Fitri Misda Yuli
Date Deposited: 03 Nov 2023 02:20
Last Modified: 03 Nov 2023 02:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33706

Actions (login required)

View Item
View Item