Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Pendekatan Saintikfik Terhadap Mata Pelajaran Matematika Siswa kelas VII SMP/MTsN

Ari Muchsinin, 180205056 (2023) Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Pendekatan Saintikfik Terhadap Mata Pelajaran Matematika Siswa kelas VII SMP/MTsN. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif melalui Pendekatan Saintikfik terhadap Mata Pelajaran Matematika Siswa kelas VII SMP/MTsN] Text (Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif melalui Pendekatan Saintikfik terhadap Mata Pelajaran Matematika Siswa kelas VII SMP/MTsN)
Ari Muchsinin, 180205056, FTK, PMA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki oleh siswa untuk dapat melihat bermacam-macam kemungkinan penyelesaian terhadap suatu permasalahan. Namun pada kenyataannya kemampuan berpikir kreatif siswa masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan karena siswa kurang dilatih untuk menyelesaikan soal-soal kreatif dan biasanya siswa hanya diberikan soal-soal yang biasa. Sehingga diperlukan suatu alternatif yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa, yaitu pendekatan Saintifik. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajarkan dengan pendekatan saintifik dapat miningkatkan kemampuan berpikir kreeatif siswa pembelajaran konvensional (2) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajarkan dengan pendekatan saintifik dan peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional pada siswa SMPN 2 Madat. Rancangan penelitian yang digunakan adalah True Experiment dengan jenis desain Pret-Test Post-Test Control Group Design. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji N-Gain dan Uji T Sampel Independen (uji pihak kanan). Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik SMPN 2 Madat, sedangkan sampel dalam penelitian ini diambil secara Purpossive Sampling yaitu kelas VII A sebagai kelas Eksperimen yang terdiri 15 siswa dan kelas VII B sebagai kelas Kontrol yang terdiri 15 siswa. Hasil penelitian menunjukkan (1) secara keseluruhan, rata-rata peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada kelas eksperimen dalam kategori “Sedang” dan pendekatan Saintifik cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan (2) Hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajarkan menggunakan pendekatan Saintifik lebih baik daripada kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional pada materi Perbandingan kelas VII SMP Negeri 2 Madat.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Saintifik, Kemampuan Berpikir Kreatif
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Muchsinin Muchsin
Date Deposited: 02 Nov 2023 02:57
Last Modified: 02 Nov 2023 02:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33716

Actions (login required)

View Item
View Item