Penggunaan Metode Generatif Dalam Pembelajaran Kalam (Studi Eksperimen Di Al Fityan School Aceh)

Juliana, 190202198 (2023) Penggunaan Metode Generatif Dalam Pembelajaran Kalam (Studi Eksperimen Di Al Fityan School Aceh). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penggunaan Metode Generatif Dalam Pembelajaran Kalam (Studi Eksperimen Di Al Fityan School Aceh)] Text (Penggunaan Metode Generatif Dalam Pembelajaran Kalam (Studi Eksperimen Di Al Fityan School Aceh))
Juliana, 190202198, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Setelah peneliti mengobservasi, Peneliti melihat bahwa siswi di sekolah Al Fityan School Aceh belum berbicara bahasa arab dengan baik, mereka mengetahui banyak kosakata bahasa arab (mufradat), namun mereka tidak berani untuk mengungkapkannya atau enggan berbicara menggunakan bahasa arab. Masalah ini muncul disebabkan kurangnya motivasi siswi dalam mempelajari bahasa arab. Berdasarkan permasalahan ini, Peneliti mencoba menerapkan metode generatif dalam pembelajaran kalam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana langkah-langkah penerapan metode generatif dalam pembelajaran kalam dan untuk mengetahui efektifitasnya metode generatif setelah diterapkan dalam pembelajaran kalam terhadap siswi SMPIT Al Fityan School Aceh. Peneliti menggunakan metode eksprimen dalam penelitian ini. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswi SMPIT Al Fityan School Aceh yang berjumlah 289 orang. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswi kelas VIII-A yang berjumlah 27 orang. Adapun alat pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu tes (pre_test-post_test) dan observasi langsung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa langkah-langkah penggunaan metode generatif membuat siswi mulai berbicara dengan bahasa arab, hal ini terbukti sebagaimana yang telah tertera pada lembar observasi murid dan siswi, yaitu hasil nilai observasi langsung aktivitas guru mencapai (87,5%) dan aktifitas siswi mencapai (87,5%). Keduanya sama-sama menunjukkan presentasi 81-100% dengan grade sempurna. efektif dalam pembelajaran kalam. Dan hal ini terbukti sebagaimana juga dari hasil uji-t menunjukkan bahwa sig (0,001< 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan metode generatif efektif dalam pembelajaran maharah al-kalam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Juliana Juliana
Date Deposited: 06 Nov 2023 03:00
Last Modified: 06 Nov 2023 03:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33775

Actions (login required)

View Item
View Item