Yusnidar, 190209066 (2023) Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas V Pada Pembelajaran Tematik di MIN 8 Aceh Barat. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
![[thumbnail of Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas V Pada Pembelajaran Tematik di MIN 8 Aceh Barat]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Yusnidar.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
Abstract
Pembelajaran tematik adalah pembelajaran yang melibatkan beberapa mata pelajaran dari berbagai standar kompetensi, kompetensi dasar, tema dan masalah yang dihadapi berdasarkan kemampuan yang dimiliki siswa. Kemampuan pemahaman konsep sangat diperlukan dikuasai anak sebab pemahaman konsep pada dasarnya adalah pembelajaran tingkat tinggi yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berfikir anak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana kemampuan pemahaman konsep siswa kelas V dalam menguasai pembelajaran tematik di MIN 8 Aceh Barat, apa saja faktor yang mempengaruhi kemampuan pemahaman konsep siswa kelas V dalam menguasai pembelajaran tematik di MIN 8 Aceh Barat. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Data dikumpulkan melalui soal tes dan wawancara. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, penarikan simpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep siswa kelas V dalam menguasai pembelajaran tematik yaitu banyak siswa yang menjawab benar materi pelajaran PPKn adalah 98%, banyak siswa yang menjawab benar materi pelajaran Bahasa Indonesia adalah 92%, banyak siswa yang menjawab benar materi pelajaran SBDP adalah 79%, banyak siswa yang menjawab benar materi pelajaran IPS adalah 63%, dan banyak siswa yang menjawab benar materi pelajaran IPA adalah 59%. Faktor yang mempengaruhi kemampuan pemahaman konsep siswa kelas V dalam menguasai pembelajaran tematik berasal dari faktor internal dan faktor eksternal. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah meskipun pembelajaran tematik memuat beberapa pelajaran, akan tetapi siswa lebih dominan menguasai materi pelajaran PPKn dalam pembelajaran tematik dan masih ada mata pelajaran yang masih belum sepenuhnya dikuasai siswa dalam pembelajaran yang ada didalam pembelajaran tematik yang disebabkan oleh beberapa faktor yaitu siswa yang masih lambat dalam memahami materi karena kurang cepat dalam mengingat hal-hal baru, mempunyai minat, bakat dan motif yang bebrbeda-beda dalam pembelajaran, dan karakteristiknya berbeda- beda.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.7 Kesejahteraan Siswa |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Yusnidar Yusnidar |
Date Deposited: | 08 Nov 2023 02:42 |
Last Modified: | 08 Nov 2023 02:42 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33800 |