Penurunan Turbidity, Total Suspended Solid (TSS) dan Chemical Oxygen Demand (COD) Menggunakan Biji Nangka (Artocarpus heteropyllus) Sebagai Biokoagulan Dalam Pengolahan Air Limbah (Grey Water).

Rizkha Savira, 160702059 (2023) Penurunan Turbidity, Total Suspended Solid (TSS) dan Chemical Oxygen Demand (COD) Menggunakan Biji Nangka (Artocarpus heteropyllus) Sebagai Biokoagulan Dalam Pengolahan Air Limbah (Grey Water). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penurunan Turbidity, Total Suspended Solid (TSS) dan Chemical Oxygen Demand (COD) Menggunakan Biji Nangka (Artocarpus heteropyllus) Sebagai Biokoagulan Dalam Pengolahan Air Limbah (Grey Water).] Text (Penurunan Turbidity, Total Suspended Solid (TSS) dan Chemical Oxygen Demand (COD) Menggunakan Biji Nangka (Artocarpus heteropyllus) Sebagai Biokoagulan Dalam Pengolahan Air Limbah (Grey Water).)
TUGAS AKHIR RIZKHA SAVIRA (2).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Air limbah domestik merupakan air buangan yang berasal dari dapur, tempat cuci pakaian, dan kamar mandi. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi tingkat pencemaran dari air limbah domestik yaitu dengan menggunakan biji nangka sebagai bikoagulan pada proses pengolahan limbah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kemampuan dari biji nangka dalam menurunkan tingkat pencemaran Turbiditas, TSS dan COD serta mengetahui pengaruh konsentrasi yang diberikan oleh biji nangka. Pengolahan air limbah domestik dilakukan dengan proses koagulasi – flokulasi dengan menggunakan jartest, pada penelitian ini ada satu variasi yaitu dengan kecepatan pengadukan cepat 250 rpm selama 15 menit dan pengadukan lambat 100 rpm selama 20 menit dengan waktu pengendapan 60 menit. Pemberian konsentrasi biokoagulan dimulai dari 5 mg/l, 10 mg/l, 15 mg/l, 20 mg/l dan 30 mg/l.. Hasil penelitian penurunan tingkat kekeruhan paling optimum terjadi di konsentrasi 5 mg/l sebesar 6,32 NTU dengan persentase penurunan sebesar 80%. Penurunan COD paling optimum di konsentrasi 5 mg/l dengan tingkat penurunan 42 mg/l dengan persentase penurunan 83%. Metode yang digunakan dalam penelitian ini sudah mampu mengatasi permasalahan limbah domestik (grey water).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 620 Engineering and Allied Operations (Ilmu Teknik dan Ilmu yang Berkaitan)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Tehnik Lingkungan
Depositing User: Rizkha Savira Rizkha
Date Deposited: 13 Nov 2023 02:12
Last Modified: 13 Nov 2023 02:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33821

Actions (login required)

View Item
View Item