Strategi Guru Dalam Mengintegrasikan Nilai-Nilai Spiritual dan Sosial pada Pembelajaran SKI Di MTsN 2 Aceh Besar

Fachrul Firmansyah, 170201202 (2023) Strategi Guru Dalam Mengintegrasikan Nilai-Nilai Spiritual dan Sosial pada Pembelajaran SKI Di MTsN 2 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Strategi Guru Dalam Mengintegrasikan Nilai-Nilai Spiritual dan Sosial pada Pembelajaran SKI Di MTsN 2 Aceh Besar] Text (Strategi Guru Dalam Mengintegrasikan Nilai-Nilai Spiritual dan Sosial pada Pembelajaran SKI Di MTsN 2 Aceh Besar)
Fachrul Firmansyah, 170201202, FTK, PMA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan Agama Islam dibagi menjadi beberapa derevatif, yaitu Fiqh, Al-Qur’an dan Hadits, Aqidah Akhlak dan Sejarah Kebudayaan Islam yang selanjutnya sering pula disingkat dengan SKI. SKI merupakan perkembangan perjalanan hidup manusia muslim dari masa ke masa dalam usaha beribadah dan bermu’amalah serta berakhlak baik untuk mengembangkan sistem kehidupannya yang dilandaskan pada ketaqwaan terhadap Allah SWT. Sementara pada sisi lain, kebanyakan siswa distigmakan bahwa SKI adalah mata pelajaran hafalan dan tidak memiliki nilai bagi kehidupan, sehingga siswa cenderung hanya menghafal isi dari pelajaran SKI. Oleh sebab itu, guru haruslah memiliki strategi untuk menyadarkan siswa bahwa pemahaman pada pelajaran SKI bukan hanya bertumpu pada hafalan saja, melainkan pada integrasi nilai-nilai spiritual dan sosial yang diambil dari peristiwa bersejarah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi guru dalam mengintegrasikan nilai-nilai spiritual dan sosial pada pembelajaran SKI serta hambatannya di MTsN 2 Aceh Besar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles and Huberman. Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi guru PAI dalam mengintegrasikan nilai spiritual dan sosial pada siswa di MTsN 2 Aceh Besar yaitu melalui penyampaian materi ajar di kelas, pemberian nasihat dan motivasi, pembiasaan baik dan contoh tauladan. Hambatan yang ditemukan guru jam pelajaran yang relatif singkat dan fasilitas belajar yang kurang, tidak adanya kerja sama antara guru dengan pihak sekolah untuk memantau dan membimbing siswa dalam mengintegrasikan nilai sosial dan spiritual dalam kehidupan sehari-hari, sehingga siswa cenderung minim akan nilai spiritual dan sosialnya juga di sekolah.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Spiritual, Sosial, Mengintegrasikan
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Fachrul Firmansyah
Date Deposited: 16 Nov 2023 02:15
Last Modified: 16 Nov 2023 02:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33859

Actions (login required)

View Item
View Item