Estimasi Karbon Serasah Di Kawasan Manifestasi Geotermal Gunung Jaboi Kecamatan Sukajaya Kota Sabang

Ratna Yusnita, 190703025 (2023) Estimasi Karbon Serasah Di Kawasan Manifestasi Geotermal Gunung Jaboi Kecamatan Sukajaya Kota Sabang. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Sains dan Teknologi.

[thumbnail of Estimasi Karbon Serasah Di Kawasan Manifestasi Geotermal Gunung Jaboi Kecamatan Sukajaya Kota Sabang] Text (Estimasi Karbon Serasah Di Kawasan Manifestasi Geotermal Gunung Jaboi Kecamatan Sukajaya Kota Sabang)
Ratna Yusnita, 190703025, FST, BIO.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (16MB)

Abstract

Kawasan Gampong Jaboi merupakan kawasan yang dikenal dengan kawasan objek wisata yang terdapat gunung berapi yang terletak di Desa Jaboi Kecamatan Sukajaya Kota Sabang dan terdapat manifestasi yang dihasilkan seperti fumarole, fluida, belerang dan uap panas. Manifestasi yang di hasilkan dari gunung berapi tersebut dapat meningkatkan CO2 dan mengakibatkan pemanasan global yang dipengaruhi oleh berbagai proses umpan balik yang dihasilkan contohnya seperti uap panas yang dihasilkan di Kawasan Manifestasi Geotermal Gunung Jaboi. Tujuan penelitian ini menghitung jumlah kandungan biomassa dan karbon tersimpan pada serasah di kawasan Manifestasi Geotermal Gunung Jaboi Kecamatan Sukajaya Kota Sabang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik kolaborasi metode transek dan kuadrat. Terdapat 4 stasiun di setiap stasiun terdapat 5 plot dan 1 plot berukuran 1x1 meter dan juga dilakukan pengukuran faktor fisik dan kimia yaitu suhu udara, kelembaban tanah, kelembaban udara, pH tanah dan cahaya. Adapun analisis data secara kuantitatif dan kuantitatif, dengan menggunakan rumus biomassa sampel, karbon dari biomassa dan karbon tersimpan. Berdasarkan hasil penelitian jumlah biomassa total di kawasan Manifestasi Geotermal Gunung Jaboi Kecamatan Sukajaya Kota Sabang yaitu sebesar 7,781 kg/m2 dengan berat rata-rata serasahnya sekitar 1,945 kg/m2.. Karbon serasah total sebesar 3,488 kg/m2 dengan karbon serasah rata-rata sekitar 0,872 kg/m2. Sedangkan kandungan karbon total yaitu sebesar 0,1609 ton/ha dengan rata-rata serasahnya sekitar 0,040 ton/ha.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Biologi
Depositing User: Ratna Yusnita Ratna
Date Deposited: 16 Nov 2023 02:31
Last Modified: 16 Nov 2023 02:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33877

Actions (login required)

View Item
View Item