Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Sisi Lengkung Di MTsN 9 Bireuen

Alyu Wailis, 170205090 (2023) Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Sisi Lengkung Di MTsN 9 Bireuen. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan     Masalah Geometri Sisi Lengkung Di Mtsn 9 Bireuen] Text (Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Sisi Lengkung Di Mtsn 9 Bireuen)
Ramadhani, 190101045, FSH, HK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Pembelajaran matematika bertujuan untuk melatih kemampuan penyelesaian masalah. Namun seringkali peserta didik melakukan kesalahan dalam mengerjakan soal penyelesaian masalah. Oleh sebab itu seorang guru harus mengetahui di mana letak kesalahan peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengindentifikasi kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan masalah geometri sisi lengkung dan untuk mengetahui penyebab kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan masalah geometri sisi lengkung. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek sebanyak enam peserta didik dari MTsN 9 Bireuen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Instrumen tes yang digunakan adalah soal tes berbasis kemampuan pemecahan masalah matematis geometri sisi lengkung untuk tabung dan kerucut. Instrumen wawancara yang digunakan berupa daftar pertanyaan berkaitan dengan kesalahan yang dilakukan setiap soalnya. Hasil wawancara digunakan untuk mendeskripsikan penyebab peserta didik melakukan kesalahan. Teknis analisis data yang dilakukan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun indikator yang digunakan dalam penelitian ini ialah indikator yang dikemukakan Polya, yaitu: (1) Memahami masalah (carrying out the plan), (2) merencanakan pemecahan (defining a plan), (3) Melaksanakan rencana pemecahan masalah (understanding the problem), dan (4) Memeriksa kembali (looking back). kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal tentang materi bangun ruang sisi lengkung yaitu: (1) Tidak menulis satuannya pada setiap nilai yang diketahui, tidak menuliskan apa yang ditanya. (2) subjek tidak mengerti dalam konversi satuan dari cm ke liter. (3) tidak bisa menyederhanakan bentuk pecahan karena tidak paham hitungan desimal. (4) Subjek salah pada memasukkan nilai pada rumus. (5) subjek juga salah pada operasi bilangan bulat. (6) tidak mampu pada penarikan akar dari bilangan bulat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Alyu Wailis Alyu
Date Deposited: 20 Nov 2023 02:44
Last Modified: 20 Nov 2023 02:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33904

Actions (login required)

View Item
View Item