Gambaran Kompetensi Pedagogik Guru PAUD Dalam Pembelajaran di TK Negeri 13 Kaway XVI Kabupaten Aceh Barat

Khairina Febriananda Putri, 190210031 (2023) Gambaran Kompetensi Pedagogik Guru PAUD Dalam Pembelajaran di TK Negeri 13 Kaway XVI Kabupaten Aceh Barat. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Gambaran Kompetensi Pedagogik Guru PAUD  Dalam Pembelajaran di TK Negeri 13 Kaway XVI    Kabupaten Aceh Barat] Text (Gambaran Kompetensi Pedagogik Guru PAUD Dalam Pembelajaran di TK Negeri 13 Kaway XVI Kabupaten Aceh Barat)
SKRIPSI KHAIRINA 16 OKT.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Kompetensi pedagogik merupakan kumpulan pengetahuan, perilaku dan keterampilan yang harus dimiliki guru untuk mencapai tujuan pembelajaran dan pendidikan yang salah satunya adalah perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk menggambarkan dalam kompetensi pedagogik guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) pada perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi atau penilaian akhir dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perencanaan pembelajaran, untuk mengetahui pelaksanaan proses pembelajaran dan untuk melihat evaluasi pembelajaran di TK Negeri 13 Kaway XVI. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Subyek penelitian adalah 2 orang guru. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa guru di TK Negeri 13 Kaway XVI dengan kriteria kompetensi pedagogik dalam Permendikbud 137 Tahun 2014 Tentang Kompetensi Pendidik terdpatat 10 kompetensi yaitu 7 indikator dapat dipenuhi oleh guru PAUD diantaranya yaitu 4 indikator dalam perencanaan pembelajaran, 2 indikator dalam pelaksanaan, dan 2 indikator dalam evaluasi pembelajaran. Dari 10 kompetensi yang tidak tercapai yaitu ada 3 indikator dalam pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Guru yang berlatar belakang lulusan sarjana PAUD dikatakan mampu menjadi guru PAUD memiliki kemampuan pedagogik sesuai dengan indikator dalam Permendikbud 137 tentang kompetensi pendidik (Guru PAUD, Guru Pendamping, Guru Pendamping Muda).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Khairina Febriananda Putri Khairina
Date Deposited: 29 Nov 2023 02:04
Last Modified: 29 Nov 2023 02:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33969

Actions (login required)

View Item
View Item