Peran Motivasi Orang Tua Terhadap Penyelesaian Kuliah Tepat Waktu Mahasiswa Prodi Bimbingan Dan Konseling Islam Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Ar-Raniry

Raudhatul Wusqa, 180402099 (2023) Peran Motivasi Orang Tua Terhadap Penyelesaian Kuliah Tepat Waktu Mahasiswa Prodi Bimbingan Dan Konseling Islam Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Ar-Raniry. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Peran Motivasi Orang Tua Terhadap Penyelesaian Kuliah Tepat Waktu Mahasiswa Prodi Bimbingan Dan Konseling Islam Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Ar-Raniry] Text (Peran Motivasi Orang Tua Terhadap Penyelesaian Kuliah Tepat Waktu Mahasiswa Prodi Bimbingan Dan Konseling Islam Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Ar-Raniry)
Raudhatul Wusqa, 180402099, FTK, BKI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang peran motivasi orang tua terhadap penyelesaian kuliah tepat waktu mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry. Dalam menjalani proses perkuliahan mahasiswa menjumpai banyak permasalahan seperti kurangnya motivasi yang di dapat dari orang tua sehingga dapat berdampak terhadap mahasiswa dalam proses perkuliahan, individu akan merasa kurang diperhatikan, menjadi tidak semangat, serta akan timbulnya masalah-masalah yang lain. Mahasiswa membutuh dorongan atau motivasi baik dari dirinya sendiri maupun dari luar dirinya seperti orang tua. Dengan adanya motivasi yang didapat dari keluarga maka individu akan lebih semangat dalam menggerakkan keinginan mereka untuk mencapai apa yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan faktor yang mempengaruhi mahasiswa dalam menyelesaikan kuliah tepat waktu dan untuk menganalisis peran motivasi orang tua sehingga mempengaruhi mahasiswa dalam menyelesaikan kuliah tepat waktu. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode analisis kualitatif. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi, subjek penelitian berjumlah 10 mahasiswa yang terdiri dari 5 orang semester VIII dan 5 orang semester VI. Berdasarkan hasil penelitian bahwa terdapat faktor pendukung dan faktor penghambat bagi mahasiswa dalam proses perkuliahan. Faktor pendukung yang bersifat internal seperti adanya semangat tinggi dan kemauan untuk lulus tepat waktu dalam diri mahasiswa, faktor eksternal yaitu adanya motivasi yang didapat dari keluarga atau orang tua. Sedangkan faktor penghambat yang bersifat internal yaitu kurangnya motivasi dalam diri mahasiswa, tidak dapat memanajemen waktu dengan baik, rasa malas yang muncul, faktor eksternal yaitu meliputi ekonomi yang kurang memeadi, kurang mendapat dukungan dari orang tua, serta jadwal dosen yang padat sehingga susah untuk ditemui. Motivasi orang tua sangat berperan signifikan dalam meningkatkan semangat belajar mahasiswa, sehingga dengan adanya dukungan dan motivasi yang diberikan oleh orang tua maka dapat membantu mahasiswa dalam menghadapai permasalahan dalam perkuliahan dan dapat menyelesaikan kuliah tepat waktu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Raudhatul Wusqa
Date Deposited: 04 Dec 2023 03:06
Last Modified: 04 Dec 2023 03:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33998

Actions (login required)

View Item
View Item