Analisis Nilai Moral Religius Dalam Buku Cerita Lobi Lebah Pemberani

Vita Ariska, 150210035 (2021) Analisis Nilai Moral Religius Dalam Buku Cerita Lobi Lebah Pemberani. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Nilai Moral Religius Dalam Buku Cerita Lobi Lebah Pemberani] Text (Analisis Nilai Moral Religius Dalam Buku Cerita Lobi Lebah Pemberani)
SKRIPSI LENGKAP SEMUA 2021 ANALISIS NILAI MORAL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan moral merupakan pendidikan yang paling penting diterapkan untuk Anak Usia Dini, termasuk nilai moral religius yang menjadikan individu menyadari perlunya menjalin hubungan dengan Tuhannya untuk kehidupan yang lebih baik. Nilai moral religius dapat diaplikasikan melalui metode bercerita dengan menggunakan buku cerita anak. Buku dongeng anak ini disusun dengan menarik dan bahasa yang mudah dipahami, lengkap dengan ilustrasi berwarna yang menggambarkan suasana jalan cerita. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud nilai moral religius, hubungan manusia dengan Tuhan serta teknik penyampaian nilai moral religius secara langsung dan tidak langsung. Adapun metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah buku cerita fabel anak yang berjudul “Lobi lebah pemberani” berjumlah 10 judul cerita dan data penelitian dikumpulkan menggunakan teknik baca, mencatat dan teknik klasifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa diperoleh 19 data menunjukkan nilai moral religius hubungan manusia dengan Tuhan. Adapun teknik penyampaian nilai moral religius dari 19 data, 17 data berupa kalimat penyampaian nilai moral religius dengan teknik penyampaian secara langsung, dan 2 data berupa kalimat dengan teknik penyampaian secara tidak langsung.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Vita Ariska Vita
Date Deposited: 06 Dec 2023 02:59
Last Modified: 06 Dec 2023 02:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34021

Actions (login required)

View Item
View Item