Nura Ibnatia, 190205007 (2023) Penerapan Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMA/MA. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
Nura Ibnatia, 190205007, FTK, PMA, 085314571949.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (7MB)
Abstract
Salah satu kemampuan yang harus dikuasai oleh siswa yaitu kemampuan representasi matematis. Namun kenyataannya hasil tes awal kemampuan representasi matematis siswa masih rendah. Salah satu upaya guru untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa ialah dengan menggunakan model pembelajaran CORE. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan kemampuan representasi matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran CORE dengan kemampuan representasi matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional pada siswa SMAS Babul Maghfirah. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif menggunakan jenis penelitian yaitu quasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAS Babul Maghfirah. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling, sampelnya terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen yang diimplementasikan model pembelajaran CORE dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol yang diimplementasikan model pembelajaran konvensional. Pengumpulan data menggunakan pretest dan posttest. Hasil pengolahan data menggunakan statistik uji-t pihak kanan, diperoleh bahwa t_hitung=3,80 dan t_tabel=1,70. Jadi, karena t_hitung≥t_tabel atau 3,80≥1,70, maka terima H_1 dan tolak H_0. Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan representasi matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) lebih baik dari pada kemampuan representasi matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Sehingga model pembelajaran CORE ini dapat digunakan sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika) > 511 Prinsip Umum Matematika 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika) > 515 Analisis |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nura Ibnatia Nura |
Date Deposited: | 06 Dec 2023 03:08 |
Last Modified: | 06 Dec 2023 03:08 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34023 |