Penerapan Model Pembelajaran Connecting, Organizing, ‎ Reflecting, Extending (CORE) untuk Meningkatkan ‎Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMA/MA

Nura Ibnatia, 190205007 (2023) Penerapan Model Pembelajaran Connecting, Organizing, ‎ Reflecting, Extending (CORE) untuk Meningkatkan ‎Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMA/MA. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran‎] Text (Penerapan Model Pembelajaran‎)
Nura Ibnatia, 190205007, FTK, PMA, 085314571949.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Salah satu kemampuan yang harus dikuasai oleh siswa yaitu kemampuan representasi ‎matematis. Namun kenyataannya hasil tes awal kemampuan representasi matematis ‎siswa masih rendah. Salah satu upaya guru untuk meningkatkan kemampuan ‎representasi matematis siswa ialah dengan menggunakan model pembelajaran CORE. ‎Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan kemampuan representasi ‎matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran CORE dengan ‎kemampuan representasi matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran ‎konvensional pada siswa SMAS Babul Maghfirah. Penelitian yang digunakan adalah ‎penelitian kuantitatif menggunakan jenis penelitian yaitu quasi eksperimen. Populasi ‎pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAS Babul Maghfirah. Pengambilan ‎sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling, sampelnya terdiri ‎dari dua kelas yaitu kelas XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen yang diimplementasikan ‎model pembelajaran CORE dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol yang ‎diimplementasikan model pembelajaran konvensional. Pengumpulan data ‎menggunakan pretest dan posttest. Hasil pengolahan data menggunakan statistik uji-t ‎pihak kanan, diperoleh bahwa t_hitung=3,80 dan t_tabel=1,70. Jadi, karena ‎t_hitung≥t_tabel atau 3,80≥1,70, maka terima H_1 dan tolak H_0. Maka dapat ‎disimpulkan bahwa kemampuan representasi matematis siswa yang diajarkan dengan ‎model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) lebih baik ‎dari pada kemampuan representasi matematis siswa yang diajarkan dengan model ‎pembelajaran konvensional. Sehingga model pembelajaran CORE ini dapat digunakan ‎sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis. ‎

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika) > 511 Prinsip Umum Matematika
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika) > 515 Analisis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Nura Ibnatia Nura
Date Deposited: 06 Dec 2023 03:08
Last Modified: 06 Dec 2023 03:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34023

Actions (login required)

View Item
View Item