Penerapan Metode (The Power Of Two) Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Dalam Belajar Nahwu (Studi Eksperimen Di Pesantren Sulaimaniyah) Banda Aceh

Rizki Nanda, 190202110 (2023) Penerapan Metode (The Power Of Two) Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Dalam Belajar Nahwu (Studi Eksperimen Di Pesantren Sulaimaniyah) Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Metode (The Power Of Two) Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Dalam Belajar Nahwu (Studi Eksperimen Di Pesantren Sulaimaniyah) Banda Aceh] Text (Penerapan Metode (The Power Of Two) Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Dalam Belajar Nahwu (Studi Eksperimen Di Pesantren Sulaimaniyah) Banda Aceh)
Rizki Nanda, 190202110, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Pesantren sulaimaniyah Banda Aceh merupakan salah satu lembaga Pendidikan yang terletak di wilayah Kota Banda Aceh. Saat observasi, yang pertama peneliti menemukan siswa merasa bosan dan sedikitnya perhatian mereka dalam belajar nahwu, hal ini disebabkan karena metode yang digunakan guru kurang efektif dan efisien. Oleh sebab itu, peneliti menggunakan metode The power of two untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar nahwu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode The power of two dan efektivitas metode The power of two untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar nahwu. Metode penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan instrumen penelitian menggunakan angket, dan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa sulaimaniyah Banda Aceh yang berjumlah 78 siswa, sedangkan sampel penelitiannya yaitu pelajar tingkat Hazırlık yang berjumlah 12 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif uji Wilcoxon menggunakan program SPSS 27. Hasil penelitian uji Wilcoxon dengan menggunakan alat “SPSS 27” diperoleh tingkat signifikansi sebesar 0,02 lebih kecil dari tingkat signifikansi sebesar 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis nol (H0) ditolak, dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Artinya, penggunaan metode The power of two efektif meningkatkan motivasi siswa dalam belajar Nahwu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Rizki Nanda
Date Deposited: 14 Dec 2023 03:08
Last Modified: 14 Dec 2023 03:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34085

Actions (login required)

View Item
View Item