Implementasi Personal Information Management (PIM) Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Prodi Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab Dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Ulfa Rizkina, 160503091 (2023) Implementasi Personal Information Management (PIM) Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Prodi Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab Dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Implementasi Personal Information Management (PIM) Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Prodi Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab Dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh] Text (Implementasi Personal Information Management (PIM) Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Prodi Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab Dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
Ulfa Rizkina, 160503091, FAH, IP.pdf - Published Version

Download (865kB)

Abstract

Personal Information Management (PIM) merupakan suatu metode atau praktik yang dapat membantu dalam mengelola informasi pribadi yang disimpan dalam media penyimpanan, sehingga memudahkan untuk menemukan informasi yang dimiliki. Mahasiswa tingkat akhir Prodi Ilmu Perpustakaan yang diharapkan mampu mengelola informasi pribadi secara efektif, baik informasi yang lalu maupun yang terbaru. Fenomena tersebut menjadi ketertarikan penulis untuk mengetahui gambaran Personal Information Management yang diterapkan oleh mahasiswa UIN Ar-Raniry dalam masa pengerjaan skripsi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Subjek dari peneltilian ini adalah mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan angkatan 2018 yang terdiri dari 24 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan penyebaran angket. Hasil penelitian pada indikator finding (penemuan) menunjukkan bahwa 91.67% mahasiswa melakukan penjelajahan materi skripsi dari sumber internet dan 87.85% dari sumber buku, kemudian 86.67% mahasiswa menghubungkan kata kunci yang berhubungan dengan pencarian materi skripsi, dan 82.71% mahasiswa melakukan pencarian langsung materi skripsi menggunakan kata kunci yang spesifik dan membaca kilas materi. Selanjutnya keeping and organizing (penyimpanan dan pengorganisasian informasi) menunjukkan 79.78% mahasiswa setuju untuk menyeleksi kegunaan informasinya sebelum benar-benar disimpan dan 78.83% mahasiswa menyimpan materi skripsi pada folder yang mudah diingat. Untuk Meta-level, pemeliharaan informasi 83.24% mahasiswa akan mem-back-up informasi yang dimiliki dan 84.83% mahasiswa selalu meng-update¬ informasi. Untuk menghemat ruang penyimpanan 78.17% mahasiswa setuju untuk selalu mengelola informasi masuk dan keluar dari media penyimpanan guna untuk menghemat ruang penyimpan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Mahasiswa Tingkat Akhir, Personal Information Manajement (PIM), Manajemen Informasi Pribadi
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Ulfa Rizkina Ulfa
Date Deposited: 18 Dec 2023 02:59
Last Modified: 18 Dec 2023 02:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34119

Actions (login required)

View Item
View Item