Penerapan Metode Pembelajaran Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Keterampilan Menulis Di Pesantren Terpadu Nurul Islam Bener Meriah

Syahru Fitri, 200202056 (2023) Penerapan Metode Pembelajaran Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Keterampilan Menulis Di Pesantren Terpadu Nurul Islam Bener Meriah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Metode Pembelajaran Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Keterampilan Menulis Di Pesantren Terpadu Nurul Islam Bener Meriah] Text (Penerapan Metode Pembelajaran Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Keterampilan Menulis Di Pesantren Terpadu Nurul Islam Bener Meriah)
Syahru Fitri, 200202056, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Salah satu masalah dalam pembelajaran bahasa arab adalah rendahnya kemampuan siswa dalam keterampilam menulis. Peneliti telah melakukan observasi pertama pada kelas VIII A di Pesantren terpadu Nurul Islam, siswa merara kesulitan dalam pembelajaran bahasa arab, khususnya dalam keterampilan menulis. Mereka memiliki kompetensi menulis yang buruk karena kurangnya pengetahuan tata bahasa, dan mereka kesulitan menyusun kosa kata bahasa arab dalam kalimat yang benar dan lengkap.Oleh sebeb itu peneliti ingin menerapkan metode pembelajaran TS-TS (Two Stay Two Stray) untuk meningkatkan keterampilan menulis pada siswa di Pesantren Terpadu Nurul Islam dan memudahkan pembelajaran bahasa arab. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penerapan metode pembelajaran Two Stay Two Stray untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam keterampilan menulis dan untuk mengetahui respons siswa dalam pembelajaran keterampilan menulis dengan metode pembelajaran Two Stay Two Stray. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif/ eksperimen jenis one group pretest-posttest design, dan metode pengumpulan data dilakukan dengan angket. Maka hasil penelitian dari penerapan metode pembelajaran Two Stay Two Stray untuk meningkatkan keterampilan menulis pada siswa sangat baik, menunjukkan bahwa respons siswa terhadap metode pembelajaran Two Stay Two Stray untuk meningkatkan keterampilan menulis pada siswa mendapatkan nilai sangat baik dengan skor 90%. Dan penerapan metode Two Stay Two Stray efektifitas untuk meningkatkan keterampilan menulis pada siswa di Pesantren Nurul Islam Bener Meriah di perjelas dengan hasil T-Test yang menunjukkan Sig. (2-tailed) 0,001 yaitu lebih kecil dari 0,05 yang mana menunjukkan bahwa Hipotesis Nol (Ho) ditolak dan Hipotesis Alternatif (Ha) diterima.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Syahru Fitri
Date Deposited: 19 Dec 2023 02:55
Last Modified: 19 Dec 2023 02:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34141

Actions (login required)

View Item
View Item