Implementasi Nilai Agama dan Moral Pada Anak Melalui Metode Pembiasaan di TK IT Mina Aceh Besar

Intan Khairani, 190210004 (2023) Implementasi Nilai Agama dan Moral Pada Anak Melalui Metode Pembiasaan di TK IT Mina Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Implementasi Nilai Agama dan Moral Pada Anak Melalui Metode Pembiasaan di TK IT Mina Aceh Besar] Text (Implementasi Nilai Agama dan Moral Pada Anak Melalui Metode Pembiasaan di TK IT Mina Aceh Besar)
Untitled.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Penanaman nilai agama dan moral digunakan untuk mempersiapkan anak sebagai generasi penerus bangsa agar memiliki budi pekerti, hal ini diwujudkan melalui metode pembiasaan yang diterapkan sedini mungkin. Sekolah dengan pendidikan agama dan moral yang baik akan terlihat dari program yang diterapkan oleh sekolah tersebut dan juga kegiatan pembiasaan yang dilakukan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi nilai agama dan moral pada anak melalui metode pembiasaan di TK IT Mina Aceh Besar, serta faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan nilai agama dan moral pada anak di TK IT Mina Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek dalam penelitian ini kepala sekolah, Kabid Keagamaan dan 2 orang guru di TK IT Mina Aceh Besar. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan implementasi nilai agama dan moral pada anak melalui metode pembiasaan di TK IT Mina meliputi 3 aspek berupa Pembiasaan rutin, pembiasaan spontan, dan pembiasaan teladan. Faktor pendukung meliputi kepemimpinan kepala sekolah, kompetensi guru, dan sarana prasarana. Sedangkan faktor penghambat yaitu lingkungan keluarga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Intan Khairani Intan
Date Deposited: 19 Dec 2023 03:18
Last Modified: 19 Dec 2023 03:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34147

Actions (login required)

View Item
View Item