Nafisul Hibban, 190602051 (2023) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Di Bmt Taman Indah Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.
![[thumbnail of Kualitas Pelayanan, Kepuasan Nasabah, BMT]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Nafisul Hibban, 190602051, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (9MB)
Abstract
Kualitas pelayanan merupakan suatu perbuatan dan tindakan pelaku usaha atau perusahaan untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan. Kepuasan atau ketidakpuasan pelanggan adalah respon pelanggan terhadap evaluasi ketidak sesuaian yang dirasakan antara harapan sebelumnya dan kinerja aktual produk yang dirasakan setelah pemakaiannya. Tingkat kepuasan antara konsumen yang satu dengan yang lain memang cenderung berbeda hal ini terjadi karena adanya beberapa faktor seperti umur, pekerjaan, pendapatan, pendidikan, jenis kelamin, dll. Berdasarkan observasi awal BMT sering mengalami keterlambatan dalam memberikan layanan, seperti pencairan dana atau proses transaksi lainnya, ini dapat membuat nasabah merasa tidak puas dan tidak dihargai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan nasabah BMT Taman Indah Kecamatan Baitussalam. Jenis penelitian yang digunakan adalah field research (penelitian lapangan) dengan metode kuantitatif, yaitu menyebar kuisioner kepada 93 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan dalam uji t (parsial) menyebutkan bahwa Kualitas Pelayanan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Kepuasan Nasabah di BMT Taman Indah Kecamatan Baitussalam
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Nafisul Hibban Nafis |
Date Deposited: | 28 Dec 2023 03:03 |
Last Modified: | 28 Dec 2023 03:03 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34267 |