Pengembangan Pembelajaran Kitabah dengan lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dayah Darul Quran Aceh pada Kitabah

Ihsanul Mukhlis, 201003053 (2023) Pengembangan Pembelajaran Kitabah dengan lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dayah Darul Quran Aceh pada Kitabah. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Pembelajaran Kitabah dengan lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Pendekatan Kontekstual] Text (Pengembangan Pembelajaran Kitabah dengan lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Pendekatan Kontekstual)
Repository Ihsanul Mukhlis (201003053).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Kemampuan menulis (imla') merupakan kompetensi yang diperlukan siswa dalam mempelajari Bahasa Arab, namun kebanyakan siswa memiliki kompetensi yang lemah dalam penulisan Bahasa Arab yang baik dan benar. Berdasarkan data observasi dan dokumentasi, peneliti menemukan siswa kelas VII-C sebagian salah dalam penulisan Bahasa Arab, seperti dalam menulis kalimat sempurna. Akibatnya siswa belum mampu untuk menulis dengan baik dan benar kata-kata dalam Bahasa Arab yang didengar dari gurunya. Dan tidak adanya bentuk latihan lain seperti menulis paragraf bertema atau menulis paragraf dengan gambar berwarna mengakibatkan permasalahan ini tidak kunjung terselesaikan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengembangan pembelajaran kitabah dengan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis pendekatan Kontekstual; (2) mengetahui efektifitas pembelajaran kitabah dengan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis pendekatan Kontekstual untuk meningkatkan kemampuan siswa Dayah Darul Quran Aceh dalam menulis. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh santri Dayah Darul Quran Aceh dengan sampel santri kelas VII-C. Pengujian penerapan LKPD pada sampel menunjukkan hasil hitung (t-hitung) memiliki tingkat signifikansi (sig) 0,000 < 0,05, hal ini menunjukkan bahwa hipotesis alternative (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa pengembangan pembelajaran kitabah dengan LKPD berbasis pendekatan kontekstual efektif untuk meningkatkan kemampuan kitabah

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.6 Bahasa (Ketrampilan Komunikasi)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ihsanul Mukhlis Ihsan
Date Deposited: 29 Dec 2023 03:17
Last Modified: 29 Dec 2023 03:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34283

Actions (login required)

View Item
View Item