Penggunaan Media Roda Putar Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pada Siswa MIN 3 Aceh Besar

Mawaddah Warahmah, 190202162 (2023) Penggunaan Media Roda Putar Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pada Siswa MIN 3 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penggunaan Media Roda Putar Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pada Siswa MIN 3 Aceh Besar] Text (Penggunaan Media Roda Putar Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pada Siswa MIN 3 Aceh Besar)
Mawaddah Warahmah, 190202162, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Berdasarkan observasi awal di MIN 3 Aceh Besar bahwa sebagian murid belum mampu membaca dengan benar dan belum bisa membedakan bunyi huruf yang berdekatan. Peneliti juga memperhatikan bahwa guru menggunakan media pembelajaran yang sedikit dalam pengajaran membaca, dan media pembelajaran yang digunakan hanya terbatas pada papan tulis dan buku cetak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan media roda putar untuk menigkatkan keterampilan membaca pada siswa di MIN 3 Aceh Besar. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah metode eksperimen (Pre Test - Post Test One Group Design). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MIN 3 Aceh Besar yang berjumlah 72 siswa. Sampel penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas V (B) yang berjumlah 31 siswa. Peneliti menemukan dari hasil penelitian bahwa penggunaan media roda putar efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa. Hal ini berdasarkan Uji Peringkat Tanda Wilcoxen (Wilcoxen Sign Rank Test) yang memberikan hasil pada taraf signifikansi (Asymp Sign 2-tailed) 0,000 lebih kecil dari 0,005.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mawaddah Warahmah
Date Deposited: 29 Dec 2023 02:52
Last Modified: 29 Dec 2023 02:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34291

Actions (login required)

View Item
View Item