Penggunaan Media Papan Saku Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Keterampilan Membaca Di MIN 3 Aceh Besar

Farah Nabila, 190202161 (2023) Penggunaan Media Papan Saku Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Keterampilan Membaca Di MIN 3 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penggunaan Media Papan Saku Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Keterampilan Membaca Di MIN 3 Aceh Besar] Text (Penggunaan Media Papan Saku Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Keterampilan Membaca Di MIN 3 Aceh Besar)
Farah Nabila, 190202161, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan MIN 3 Aceh Besar, peneliti melihat bahwa siswa merasa kesulitan dalam mengucapkan bunyi-bunyi bahasa Arab seperti huruf ا-ع، س-ص، ح-ه، ك-ق sehingga kurang mampu membaca teks bahasa Arab dengan benar. Peneliti mencatat guru bahasa Arab menerapkan metode ceramah dan tidak menggunakan alat peraga kecuali buku teks. Para siswa tidak tertarik dengan mata pelajaran akademik, dan mereka tidur selama pembelajaran dan berbicara dengan teman-temannya. Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jenis One Group Pre Test Post – Test Design. Alat penelitiannya adalah pre-test dan post-test. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MIN 3 Aceh Besar yang berjumlah 72 siswa, dan sampel penelitiannya adalah siswa kelas V (A) yang berjumlah 30 siswa. Adapun hasil penelitian dari penerapan media papan saku efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam keterampilan membaca. Hal ini berdasarkan hasil uji Wilcoxon bahwa hasil 0,000 lebih kecil dari 0,005.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Farah Nabila
Date Deposited: 29 Dec 2023 02:53
Last Modified: 29 Dec 2023 02:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34295

Actions (login required)

View Item
View Item