Efektivitas Model Contextual Learning Terhadap Pengenalan Nilai Aqidah Anak di TK IT Insan Madani

Siti Maisarah, 190209031 (2023) Efektivitas Model Contextual Learning Terhadap Pengenalan Nilai Aqidah Anak di TK IT Insan Madani. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Efektivitas Model Contextual Learning] Text (Efektivitas Model Contextual Learning)
Untitled.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

TK IT Insan Madani merupakan salah satu TK penggerak di Banda Aceh, topik pembelajaran ditentukan berdasarkan minat dan keinginan anak. Selama ini menggunakan metode bernyanyi untuk pengenalan nilai Aqidah, namun berdasarkan wawancara dengan seorang guru, anak belum maksimal dalam pengenalan nilai aqidah. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran contextual learning terhadap pengenalan nilai aqidah anak di TK Insan Madani. Adapun pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian One Group Pretest Posttest Design. Populasinya yaitu semua siswa kelas B dengan jumlah 40 anak di TK IT Insan Madani Banda Aceh. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling, sehingga sampel yang dipilih adalah kelas B2 dengan jumlah 16 anak. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian yaitu nilai signifikansi yaitu 0,000 < 0,05 dan nilai thitung sebesar 25,675 dan hasil dari uji ttabel sebesar 1,76131 dapat dilihat bahwa dari nilai signifikan dan nilai thitung > nilai ttabel yang artinya bahwa h0 ditolak ha diterima, menggunakan aplikasi spss versi 20. dengan demikian maka ho ditolak dan ha diterima yang berarti model contextual learning efektif terhadap pengenalan nilai aqidah anak TK IT Insan Madani Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Siti Maisarah Siti
Date Deposited: 02 Jan 2024 02:18
Last Modified: 02 Jan 2024 02:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34326

Actions (login required)

View Item
View Item