Penggunaan Media Pembelajara Word Square Dalam Keterampilan Menulis Di Ma’had Daarut Tahfizh Al Ikhlas Aceh Besar

Siti Rahil Al Fikri, 190202079 (2024) Penggunaan Media Pembelajara Word Square Dalam Keterampilan Menulis Di Ma’had Daarut Tahfizh Al Ikhlas Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penggunaan Media Pembelajara Word Square Dalam Keterampilan Menulis Di Ma’had Daarut Tahfizh Al Ikhlas Aceh Besar] Text (Penggunaan Media Pembelajara Word Square Dalam Keterampilan Menulis Di Ma’had Daarut Tahfizh Al Ikhlas Aceh Besar)
Siti Rahil Al Fikri, 190202079, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan, peneliti menemukan bahwa keterampilan menulis siswi di kelas satu (D) masih sangat rendah. Mereka mengalami kesulitan dalam menyambung huruf. Hal ini dikarenakan kurangnya minat siswi dalam mempelajari keterampilan menulis dan siswi merasa pelajaran Bahasa Arab tersebut sulit dan membosankan. Oleh karena itu peneliti tertarik menggunakan media pembelajaran Word Square dalam keterampilan menulis. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas siswa dalam menghubungkan huruf dengan media pembelajaran Word Square dalam keterampilan menulis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen (one grup pre-test post-test design). Tehnik pengumpulan data menggunakan soal pretest dan posttest. Adapun populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswi kelas VII di MTsT Daarut Tahfidz Al Ikhlas yang berjumlah 40 siswi. Sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 19 siswi pada kelas VII-D. Peneliti menggunakan Wilcoxon untuk menganalisis data tes dari sistem yang dihitung pada program “SPSS 24” dimana peneliti mengandalkan hasil uji signifikansi Wilcoxon, yang diperoleh tingkat signifikansi 0,000 lebih kecil dari tingkat signifikansi 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Media pembelajaran Word Square efektif dalam keterampilan menulis di Institut Dar Al-Tahfiz Al-Ikhlas Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Siti Rahil Al Fikri
Date Deposited: 02 Jan 2024 02:55
Last Modified: 02 Jan 2024 02:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34333

Actions (login required)

View Item
View Item