Pengembangan Media Pembelajaran E-handout pada Materi Sistem Ekskresi pada Kelas XI SMA Al-Mishbah Banda Aceh

Isra Khairisa, 190207054 (2023) Pengembangan Media Pembelajaran E-handout pada Materi Sistem Ekskresi pada Kelas XI SMA Al-Mishbah Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan, Media e-handout, Respon siswa, Sistem ekskresi] Text (Pengembangan, Media e-handout, Respon siswa, Sistem ekskresi)
Isra Khairisa, 190207054, FTK, PBL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

SMA Al-Mishbah Banda Aceh merupakan salah satu sekolah swasta dalam proses pembelajaran biologi menggunakan media buku cetak. SMA Al-Mishbah Banda Aceh pada proses pembelajaran biologi belum memanfaatkan teknologi dengan baik untuk meningkatkan penguasaan materi sistem ekskresi pada kelas XI SMA Al-Mishbah Banda Aceh. Tujuan penelitian mendesain media pembelajaran e-handout, menganalisis respon siswa pada materi sistem ekskresi yang layak untuk siswa kelas XI SMA Al-Mishbah Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode Rearch and Development (R&D) dengan model 4D. Teknik pengambilan sampel ini menggunakan Posposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian pengembangan media e-handout memiliki perubahan dari isi materi dan desain, hasil tanggapan siswa terhadap media pembelajaran e-handout memperoleh hasil 91,1% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran e-handout pada materi sistem ekskresi layak digunakan dalam proses pembelajaran dan mendapatkan respon sangat baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Isra Khairisa Isra
Date Deposited: 03 Jan 2024 02:31
Last Modified: 03 Jan 2024 02:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34340

Actions (login required)

View Item
View Item