Penerapan Metode Qiyasiyah Dengan Menggunakan Kartu Kata Untuk Meningkatkan Kemapuan Siswa Dalam Pembelajaran Nahwu Studi Eksperiment Di Sekolah Tsanawiyah Pesantren Babun Najah)

Fadhilah Putriani Syuda, 190202100 (2024) Penerapan Metode Qiyasiyah Dengan Menggunakan Kartu Kata Untuk Meningkatkan Kemapuan Siswa Dalam Pembelajaran Nahwu Studi Eksperiment Di Sekolah Tsanawiyah Pesantren Babun Najah). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Metode Qiyasiyah Dengan Menggunakan Kartu Kata Untuk Meningkatkan Kemapuan Siswa Dalam Pembelajaran Nahwu Studi Eksperiment Di Sekolah Tsanawiyah Pesantren Babun Najah)] Text (Penerapan Metode Qiyasiyah Dengan Menggunakan Kartu Kata Untuk Meningkatkan Kemapuan Siswa Dalam Pembelajaran Nahwu Studi Eksperiment Di Sekolah Tsanawiyah Pesantren Babun Najah))
Fadhilah Putriani Syuda, 190202100, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Pesantren Babun Najah merupakan salah satu pesantren Islam modern yang ada di Banda Aceh, berdasarkan pengamatan awal di Pesantren Babun Najah, Peneliti menemukan permasalahan pada pembelajaran nahwu dengan menggunakan metode istira’iyah yaitu metode yang dimulai dari menjelaskan contoh - contoh kemudian menarik kesimpulan dari hasil diskusi mengenai contoh tersebut, akan tetapi metode ini tidak cocok bagi sebagian siswa, sehingga menjadikan siswa sulit dalam memahami nahwu dan tidak mampu memahami kaidah nahwu dengan baik. Oleh karna itu peneliti ingin melakukan penelitian dengan topik “Penerapan Metode Qiyasiyah dengan Kartu Kata untuk Meningkatkan Kemampuan siswa dalam Pembelajaran Nahwu )Studi Eksperimen di Sekolah Tsanawiyah Pesantren Babun Najah)” tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi efektivitas penerapan metode qiyasiyah dengan media kartu kata untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran nahwu. Adapun metodologi penelitian dalam skripsi ini adalah metode Pre-Eksperiment Designs dengan One Group Pre-Test Post-Test Designs, Dan populasi dalam skripsi ini adalah siswa kelas tiga tsanawiyah yang berjumlah 104 siswa, dan sampel disini siswa kelas 3-C yang berjumlah 30 siswa. Peneliti menggunakan dua tes untuk mengumpulkan data. Pre-test dan post-test. Penguji akan menguji hasilnya dengan uji normalitas, uji homogen, dan uji wilcoxon sign rank test dengan menggunakan SPSS 20. Hasil pre-test post-test menunjukkan hasil signifikansi dengan nilai 0,001 < 0,05 yang menunjukkan bahwa hipotesis (Ha) diterima dan (H0) ditolak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Fadhilah Putriani Syuda
Date Deposited: 03 Jan 2024 02:56
Last Modified: 03 Jan 2024 02:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34353

Actions (login required)

View Item
View Item