Analisis Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Di SMA Negeri 1 Kutapanjang Kabupaten Gayo Lues

Sanimah, 190207073 (2024) Analisis Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Di SMA Negeri 1 Kutapanjang Kabupaten Gayo Lues. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Analisis Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Di SMA Negeri 1 Kutapanjang Kabupaten Gayo Lues] Text (Analisis Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Di SMA Negeri 1 Kutapanjang Kabupaten Gayo Lues)
Sanimah, 190207073, FTK, PBL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Berdasarakan hasil observasi di SMA Negeri 1 Kutapanjang Kabupaten Gayo Lues menunjukkan bahwa masih ada sebagian siswa yang kurang minat dan kurang tertarik terhadap mata pelajaran biologi pada materi tertentu. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis minat belajar siswa pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 1 Kutapanjang Kabupaten Gayo Lues. Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriptif yaitu data yang diangakkan dan dideskripsikan. Populasi penelitian ini adalah kelas X MIPA berjumlah 35 siswa dan sampel dalam penelitian ini adalah 2 kelas, yang terdiri dari elas X MIPA-1 berjumlah 20 siswa dan X MIPA-2 dengan jumlah 15 siswa. Penentuan sampel penelitian menggunakan metode total sampling. Teknik pengumpulan data minat dalam penelitian ini menggunakan angket minat terbuka dengan menggunakan skala guttman. Hasil analisis minat belajar siswa memiliki nilai rata-rata 79,14% dengan kategori tinggi. Siswa merasa senang atau tidak terpaksa belajar biologi dan bersemangat belajar biologi. Indikator yang diukur dalam penelitian ini adalah indikator persaan senang sebesar 90, 85%, ketertarikan 70, 47%, perhatian 84, 76% dan keterlibatan 70, 47%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Sanimah Sanimah
Date Deposited: 03 Jan 2024 03:09
Last Modified: 03 Jan 2024 03:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34359

Actions (login required)

View Item
View Item