Penggunaan Media Explosion Box untuk Meningkat kan Kemampuan Siswa dalam Penguasaan Mufradat Tingkat Tsanawiyah di Pesantren Terpadu Nurul Islam Bener Meriah

Hikmah, 210202172 (2024) Penggunaan Media Explosion Box untuk Meningkat kan Kemampuan Siswa dalam Penguasaan Mufradat Tingkat Tsanawiyah di Pesantren Terpadu Nurul Islam Bener Meriah. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penggunaan Media Explosion Box untuk Meningkat kan Kemampuan Siswa] Text (Penggunaan Media Explosion Box untuk Meningkat kan Kemampuan Siswa)
Hikmah, 210202172, FTK, PBA, 082225485687.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan observasi pertama peneliti menemukan permasalahan di pesantren Terpadu Nurul Islam bahwasannya siswa belum menguasai mufradat ketika berbicara dan kebiasaan guru dalam proses belajar mengajar hanya menggunakan papan tulis, sehingga murid merasa letih dan mengantuk. Berdasarkan permasalahan di atas peneliti tertarik untuk menggunakan media Explosion Box untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam penguasaan mufradat. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektifitas penguasaan mufradat siswa dengan menggunakan media Explosion Box di Pesantren Terpadu Nurul Islam Bener Meriah. Adapun peneliti menggunakan metode eksperimen dengan tipe one group pre test post test design. Peneliti menggunakan test dalam pengumpulan data. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas satu di Pesantren Terpadu Nurul Islam tahun ajaran 2023/2024 untuk tingkat tsanawiyah, dan kelas 1a2 sebagai sample pada penelitian ini yang berjumlah 24 siswa. Kesimpulan yang diperoleh bahwasannya penggunaan media Explosion Box efektif untuk meningkatkan kemampuan murid dalam penguasaan mufradat. Hal ini dibuktikan berdasarkan nilai sig dari uji T menunjukkan 0,00 lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan nilai tersebut bahwasan nya hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis a (Ha) diterima.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 201 Mitologi Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Hikmah Mah
Date Deposited: 04 Jan 2024 02:58
Last Modified: 04 Jan 2024 02:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34403

Actions (login required)

View Item
View Item