Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Dengan Gambar Berwarna Untuk Pemahaman Teks Bahasa Arab Di Pesantren Ruhul Islam Anak Bangsa

Dian Soraya Eldara, 190202169 (2024) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Dengan Gambar Berwarna Untuk Pemahaman Teks Bahasa Arab Di Pesantren Ruhul Islam Anak Bangsa. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Dengan Gambar Berwarna Untuk Pemahaman Teks Bahasa Arab Di Pesantren Ruhul Islam Anak Bangsa] Text (Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Dengan Gambar Berwarna Untuk Pemahaman Teks Bahasa Arab Di Pesantren Ruhul Islam Anak Bangsa)
Dian Soraya Eldara, 190202169, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di Pesantren Ruhul Islam Anak Bangsa, peneliti menemukan bahwa proses belajar mengajar Bahasa Arab menggunakan buku siswa Bahasa Arab K13 tanpa menggunakan kosakata untuk membantu siswa dalam memahami teks. Sehingga siswa kesulitan dalam memahami teks Bahasa Arab yang diberikan. Maka dari itu, untuk mengatasi masalah ini, peneliti ingin menggunakan gambar berwarna dalam pengembangan LKPD. Adapun tujuan tujuan penelitian ini (1) untuk mengetahui cara mengembangkan LKPD dengan gambar berwarna untuk pemahaman teks Bahasa Arab. (2) untuk mengetahui apakah pengembangan LKPD dengan gambar berwarna efektif untuk pemahaman teks Bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan menggunakan teori “Borg & Gall” yang disajikan oleh Sugiyono, dengan instrument; lembar validasi dan tes, Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis statistic deskriptif presentase untuk lembar validasi dan untuk tes menggunakan One-Group Pre-test Post-test, dan sampel yang digunakan peneliti adalah siswa kelas 1 IPA 7. LKPD dengan gambar berwarna dinyatakan layak untuk digunakan dengan nilai persentase dari validator konten 95% dan validator desain 100%. Pengembangan LKPD dengan gambar berwarna efektif untuk memahami teks bahasa Arab. Laporan ini menunjukkan dari Uji Wilcoxon Sign Rank Test bahwa tingkat signifikansi (Sig.) 0,000 lebih kecil dari 0,05. Hasil ini menunjukkan bahwa pengembangan LKPD dengan gambar berwarna untuk memahami teks bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Dian Soraya Eldara
Date Deposited: 04 Jan 2024 03:18
Last Modified: 04 Jan 2024 03:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34415

Actions (login required)

View Item
View Item