Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition Berbasis Mind Map Di SMP/MTs

Nadia Fitri, 190205079 (2024) Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition Berbasis Mind Map Di SMP/MTs. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran] Text (Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran)
Nadia Fitri, 190205079, FTK, PMA, 082213843272 .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Hasil belajar merupakan indikator keberhasilan dalam proses belajar mengajar. Namun, hasil belajar matematika siswa di sekolah masih belum optimal dikarenakan hasil belajar siswa masih berada di bawah nilai KKM, sehingga diperlukan suatu model yang dapat membantu siswa terlibat aktif dalam menemukan suatu konsep yaitu model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition. Selain itu, pemanfaatan mind map dalam pembelajaran juga menjadi salah satu komponen yang dapat mempengaruhi kesuksesan kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition berbasis mind map dan perbandingan hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran auditory intellectually repetition berbasis mind map lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian yang digunakan quasi experimen. Pengambilan sampel yang dilakukan dengan random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPS Babul Maghfirah dengan sampel yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-B sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji one sample t-test dan uji independent sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition berbasis mind map terlihat dari hasil uji hipotesis diperoleh yaitu t_hitung>t_tabel yaitu 3,94>1,72 dan hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran auditory intellectually repetition berbasis mind map lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional terlihat dari hasil uji hipotesis diperoleh yaitu t_hitung>t_tabel yaitu 2,50>2,02.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Nadia Fitri Nadia
Date Deposited: 08 Jan 2024 03:17
Last Modified: 08 Jan 2024 03:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34500

Actions (login required)

View Item
View Item