Hubungan Antara Dukungan Sosial dengan Hardiness Pada Ibu yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Kebayakan, Takengon

Syaoma Fitri, 190901039 (2023) Hubungan Antara Dukungan Sosial dengan Hardiness Pada Ibu yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Kebayakan, Takengon. Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Anak Berkebutuhan Khusus] Text (Anak Berkebutuhan Khusus)
Syaoma Fitri, 190901039, FPSI, PSI (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)

Abstract

Merawat anak berkebutuhan khusus membutuhkan kesabaran dan perhatian yang lebih dari pada merawat anak lainnya. Ibu sering menghadapi kesulitan dalam mengasuh anak berkebutuhan khusus. Sehingga ibu membutuhkan kepribadian hardiness, karena seseorang yang memiliki kepribadian hardiness cenderung memiliki kesehatan mental yang stabil meskipun mengalami kejadian stres. Oleh karna itu ibu membutuhkan orang lain yang dapat memberikan dukungan sosial. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dengan hardiness pada ibu yang memiliki anak berkebutuhan khusus di SLB Kebayakan, Takengon. Alat ukur penelitian ini yaitu skala dukungan sosial yang disusun berdasarkan aspek dari House (1989) dan skala hardiness yang disusun berdasarkan aspek Kobasa (1979). Penyebaran kuesioner menggunakan angket dan google form kepada 121 ibu yang memiliki ABK di SLB Kebayakan, Takengon. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi Product Moment dari Pearson Correlation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara dukungan sosial dengan hardiness pada ibu yang memiliki anak berkebutuhan khusus di SLB Kebayakan, Takengon. dengan diperoleh nilai pearson correlation sebesar 0,315 dan nilai p= 0,000 (p < 0,05). Artinya semakin tinggi dukungan sosial maka semakin tinggi hardiness dan semakin rendah dukungan sosial maka semakin rendah hardiness.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa)
200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Syaoma Fitri Syaoma
Date Deposited: 08 Jan 2024 03:03
Last Modified: 08 Jan 2024 03:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34501

Actions (login required)

View Item
View Item