Penggunaan Metode Speed Reading Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Di Pesantren Babul Maghfirah Aceh Besar

Siti Barokah, 190202010 (2024) Penggunaan Metode Speed Reading Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Di Pesantren Babul Maghfirah Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penggunaan Metode Speed Reading Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Di Pesantren Babul Maghfirah Aceh Besar] Text (Penggunaan Metode Speed Reading Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Di Pesantren Babul Maghfirah Aceh Besar)
Siti Barokah, 190202010, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Pada saat peneliti melakukan observasi di kelas dua (A) tingkat menengah pertama Pesantren Babul Maghfirah Aceh Besar, siswa lemah dalam memahami teks Bahasa Arab, siswa tidak suka membaca teks bahasa arab dan beberapa di antaranya mengatakan bahwa mereka menginginkan proses pendidikan baru dalam pengajaran bahasa Arab. Dengan permasalahan tersebut peneliti ingin menggunakan metode Speed Reading untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode Speed Reading dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode eksperimen, one group design (One Group Pre-Test Post-Test), dan untuk mengumpulkan data peneliti melakukan pre dan post test. Populasi penelitian adalah seluruh siswa tingkat menengah pertama Pesantren Babul Maghfirah Aceh Besar, dan peneliti mengambil sampel penelitian siswa kelas II yang berjumlah 20 siswa. Dari hasil penelitian, peneliti menemukan bahwa penggunaan metode Speed Reading efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam keterampilan membaca. Pembuktian ini menggunakan Uji Wilcoxon Sign Rank Test dari sistem yang dihitung hasil signifikansi pada tingkat signifikansi ((Asymp. Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05), artinya hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Siti Barokah
Date Deposited: 08 Jan 2024 03:27
Last Modified: 08 Jan 2024 03:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34519

Actions (login required)

View Item
View Item